dc.contributor.advisor | Simanjuntak, Mangantar | |
dc.contributor.advisor | Gustianingsih | |
dc.contributor.author | Hutabarat, Ismarini | |
dc.date.accessioned | 2021-07-09T04:34:28Z | |
dc.date.available | 2021-07-09T04:34:28Z | |
dc.date.issued | 2011 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/35296 | |
dc.description.abstract | During the first years of their life children has started to imitate the words they hear
from their surroundings and it can be said that it is the first time they produce their
“first words”. At the eighteenth month of their life the words they produced multiply
and change from one-word sentences to two-word or three-word sentences.
This research is done based on the the cognitive-biological theory of Chomsky which
says that every child is born with the biological potential for language and language
acquisition and language development happen not only because of the biological
potential and but also because of the supporting language environment.
To know the acquisition of Indonesian language syntax of children in two and three
years of age, three children aged two and three children aged three were chosen as
the subjects of this research. Their conversations with their parents, brothers and
sisters, and friends were recorded and then the recorded conversations were
analyzed to know their production of sentences based on the moods of the sentences.
The sentences produced by the two-year-old and the three-year-old children were
then compared to find out the differences of the sentences produced. Finally the
factors affecting their syntax acquisition were analyzed.
It was found that generally children aged two used sentences in declarative mood in
their conversations, although they had already been able to produce sentences in
different moods. On the other hand, children aged three had already had good
competence in producing sentences in all moods. Children aged three had also been
able to improvise the sentences they produced. Sometimes, children aged two
imitated what other people said when they had difficulties to express something, but
children aged three had already had good competence in producing sentences
created by themselves. The syntax acquisition of children in two and three years of
age were affected by four factors which were natural factor, cognitive development
factor, social background factor and heredity factor; intelligence and the style of
language acquisition factor. | en_US |
dc.description.abstract | Pada tahun pertama kehidupannya anak-anak mulai meniru kata-kata yang mereka
dengar dari lingkungan sekitarnya dan dapat dikatakan pada saat itulah anak mulai
menghasilkan “kata-kata pertama” mereka. Saat mereka berusia delapan belas bulan
kata-kata yang mereka hasilkan semakin banyak dan berubah dari kalimat satu kata
menjadi kalimat dua kata dan tiga kata.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori biologis-kognitif Chomsky yang
menyatakan bahwa setiap anak dilahirkan dengan potensi biologis untuk bahasa dan
pemerolehan dan perkembangan bahasa terjadi bukan karena potensi biologis tersebut
saja tetapi juga karena adanya lingkungan bahasa yang mendukung.
Untuk mengetahui pemerolehan sintaksis bahasa Indonesia anak usia dua tahun dan
tiga tahun, tiga orang anak yang berusia dua tahun dan tiga orang anak yang berusia
tiga tahun dijadikan subjek penelitian ini. Percakapan mereka dengan orang tua,
saudara-saudara dan teman-teman mereka direkam dan kemudian percakapan yang
direkam tersebut dianalisis untuk mengetahui kalimat-kalimat yang mereka hasilkan
berdasarkan modus kalimat yaitu deklaratif, interogatif, imperatif dan interjektif.
Kalimat-kalimat yang dihasilkan anak usia dua tahun dan tiga tahun tersebut
kemudian dianalisis untuk mengetahui perbedaan kalimat yang dihasilkan. Akhirnya,
faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan sintaksis dianalisis.
Ditemukan bahwa umumnya anak usia dua tahun menggunakan kalimat dalam modus
deklaratif dalam percakapan mereka, meskipun mereka sudah mampu menghasilkan
berbagai kalimat dalam berbagai modus. Sebaliknya, anak usia tiga tahun telah
memiliki kompetensi yang baik dalam menghasilkan berbagai kalimat dalam semua
modus. Anak usia tiga tahun juga sudah mampu berimprovisasi dengan kalimat yang
mereka hasilkan. Kadang-kadang anak usia dua tahun meniru apa yang diucapkan
orang lain jika mereka menemukan kesulitan untuk mengungkapkan sesuatu. Namun,
anak usia tiga tahun telah memiliki kompetensi yang baik dalam menghasilkan
kalimat yang merupakan hasil kreasi mereka sendiri. Pemerolehan sintaksis anak usia
dua tahun dan tiga tahun dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu faktor alamiah, faktor
perkembangan kognitif, faktor latar belakang sosial, dan faktor keturunan;
intelegensia dan gaya/cara pemerolehan bahasa. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Pemerolehan Sintaksis | en_US |
dc.subject | Modus | en_US |
dc.subject | Faktor | en_US |
dc.title | Pemerolehan Sintaksis Bahasa Indonesia Anak Usia Dua Tahun dan Tiga Tahun di Padang Bulan Medan | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM097009029 | |
dc.description.pages | 152 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |