Show simple item record

dc.contributor.advisorSinulingga, Sukaria
dc.contributor.advisorNisa, T. Chairun
dc.contributor.authorRohana
dc.date.accessioned2021-07-09T05:13:10Z
dc.date.available2021-07-09T05:13:10Z
dc.date.issued2008
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/35313
dc.description.abstractPermasalahan yang ada di PLN adalah penggunaan daya listrik pelanggan PLN Sumbagut saat beban puncak mencapai sebesar 1137 MW. PLN hanya mampu melayani pelanggan sebesar 921 MW, dan PLN mengalami defisit 216 MW. Beban puncak terjadi karena perilaku pelanggan yang menggunakan daya listrik pada saat bersamaan (pukul 18.00-22.00 wib). Dengan adanya masalah tersebut, maka perlu ditemukannya suatu sistem pengaturan rumah tangga yang memerlukan pemakaian energi listrik, agar lebih terdistribusi secara merata tanpa mengganggu karakteristik kegiatan rumah tangga tersebut. Penelitian dilaksanakan di wilayah Pemerintahan Kota Medan, yaitu di wilayah pelanggan PLN Cabang Medan. Pelanggan adalah golongan rumah tangga R1 (250 VA-200 VA) di Kota Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster. Besar sampel ditentukan dengan tabel Nomogram Harry King pada taraf =5%. Jenis data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, kuisioner, dan studi literatur/dokumen. Sedangkan metode pengujian data menggunakan 1). Regresi linier sederhana (simple linear regression); 2). Regresi linier berganda (multiple linear regression). Hasil penelitian ini adalah: 1). Secara parsial, faktor sosial budaya dan psikologis tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pelanggan dalam penggunaan daya listrik, namun kebutuhan dan tarif daya listrik, kemampuan membayar, pelayanan PLN mempengaruhi perilaku pelanggan dalam penggunaan daya listrik, namun kebutuhan dan tarif daya listrik, kemampuan pelanggan dalam membayar, pelayanan PLN berpengaruh signifikan terhadap perilaku pelanggan dalam penggunaan daya listrik; 2). Secara simultan, faktor sosial budaya, faktor psikologis, kebutuhan dan tarif daya listrik, pelanggan dalam membayar, dan pelayanan PLN berpengaruh signifikan terhadap perilaku pelanggan dalam penggunaan daya listrik; 3). Faktor kemampuan pelanggan dalam membayar merupakan faktor yang dominan mempengaruhi perilaku pelanggan dalam penggunaan daya listrik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPerilaku Pelanggan PLNen_US
dc.titleAnalisis Perilaku Pelanggan PLN dalam Pemakaian Daya Listriken_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim037025 29
dc.description.pages151 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record