Pengaruh Skippable Video Adsense “Oreo Penuh Keajaiban” pada Situs Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen” (Studi pada Pengguna Youtube di Kota Medan)
View/ Open
Date
2018Author
Putri, Mulia
Advisor(s)
Siregar, Onan Marakali
Metadata
Show full item recordAbstract
The rapid use of internet in Indonesia makes it a potential market for digital advertising. One form of digital advertising is skippable video adsense that is often found on the Youtube site, a popular site that is actively used among netizens Indonesia. This is also the basis for Mondelez International to invest more in digital media in marketing its products. One of the products of this company advertised digitally is the Oreo biscuit. In the video ad, Oreo theme "Oreo Penuh Keajaiban" which is different from the theme used in previous years. Namely by using the message approach through jingle music and humor in some scenes through animation.
This study aims to determine the effect of skippable video adsense "Oreo Penuh Keajaiban" on Youtube site to consumer purchasing decisions. Music or jingle ads, storyboard ads, and strapline ads into consideration and benchmark against the decision to purchase Oreo products. Purchasing decisions are the processes of decisions and actions of the people involved in purchasing and using a product.
The population in this research is all Youtube users in Titi Rantai Village, Medan City. Samples taken as many as 96 respondents with sampling technique used is purposive sampling. Data collection was done by spreading questionnaires to the respondents had at least 3 (three) times witnessed the advertisement "Oreo Penuh Keajaiban" on Youtube website.
The result of research using partial test (t test) showed that skippable video adsense significantly influence consumer purchase decision with t value> t table that is 8,124 > 1,984 and significance 0,000 <0,05. Based on the calculation with the coefficient of determination obtained R value of 0.642 (64.2%) which indicates that the relationship between skippable video adsense and purchase decisions quite closely. R Square value of 0.413 indicates that 41.3% of purchasing decision variable can be explained by skippable video adsense variable. Pesatnya penggunaan internet di Indonesia menjadikannya sebagai pasar yang potensial bagi digital advertising. Salah satu bentuk dari digital advertising ini adalah skippable video adsense yang kerap ditemui pada situs Youtube, sebuah situs populer yang aktif digunakan di kalangan netizen Indonesia. Hal ini pulalah menjadi dasar Mondelez International berinvestasi lebih pada media digital dalam memasarkan produknya. Salah satu produk dari perusahaan ini yang diiklankan secara digital adalah biskuit Oreo. Dalam video iklannya, Oreo mengusung tema “Oreo Penuh Keajaiban” yang berbeda dengan tema yang digunakan di tahun-tahun sebelumnya. Yaitu dengan menggunakan pendekatan pesan melalui jingle musik dan humor di beberapa scene melalui animasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skippable video adsense “Oreo Penuh Keajaiban” pada situs Youtube terhadap keputusan pembelian konsumen. Musik atau jingle iklan, storyboard iklan, dan strapline iklan menjadi pertimbangan dan tolak ukur terhadap keputusan pembelian produk Oreo. Keputusan pembelian merupakan proses keputusan dan tindakan orang-orang yang terlibat dalam pembelian dan penggunaan suatu produk.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pengguna Youtube di Kelurahan Titi Rantai, Kota Medan. Sampel yang diambil sebanyak 96 responden dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden pernah setidaknya 3 (tiga) kali menyaksikan iklan “Oreo Penuh Keajaiban” di situs Youtube.
Hasil penelitian menggunakan uji signifikan parsial (uji t) menunjukkan bahwa skippable video adsense berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 8,124 > 1,984 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan dengan koefisien determinasi diperoleh nilai R sebesar 0,642 (64,2%) yang menunjukkan bahwa hubungan antara skippable video adsense dan keputusan pembelian cukup erat. Nilai R Square sebesar 0,413 menunjukkan bahwa 41,3% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh oleh variabel skippable video adsense.
Collections
- Undergraduate Theses [1387]