Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderating di Perusahaan Manufaktur Dalam Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
View/ Open
Date
2013Author
Mesrawati
Advisor(s)
Bukit, Rina
Torong, Zainul Bahri
Metadata
Show full item recordAbstract
The aim of this research was to test and to analyze the factors that influence the firm value, represented by its earnings per share, return on equity, net profit margin, firm size, debt to equity ratio, net cash flow, dividend payout ratio, return on assets and the manager ownership as moderating variable in consumer goods sector listed on the Indonesia Stock Exchange either partially and simultaneously. This population of the research was 35 consumer goods companies registered in Indonesia Stock Exchange from 2008 until 2011. The sample was selected by using purposive sampling method amounted to 14 companies. The data were processed using the test methods Kaiser – Meyer- Olkin (KMO) and the method of multiple linear regression statistical tests for the first hypothesis, and the residual test for the second hypothesis by using SPSS software. The research results prove the first hypothesis that the earnings per share, return on equity, net cash flow, dividend payout ratio and net profit margin affects the value of the company through the test factors, and the second hypothesis that the earnings per share, return on equity, net cash flow, dividend payout ratio, net profit margin simultaneously affect the value of the company as partial return on equity only variables that affect the value of the company. When managerial ownership is used as a moderating variable, the variable managerial ownership did not strengthen the correlation between the variable of earnings per share, return on equity, net cash flow, dividend payout ratio, net profit margin with the firm value in manufacturing companies engaged in the consumer goods sector in company registered in the Indonesian stock exchange Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan yang diwakili earning per share, return on equity, net profit margin,ukuran perusahaan, debt to equity ratio, net cash flow,dividend payout ratio, return on assets yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta menguji dan menganalisis apakah variabel earning per share, return on equity, net cash flow, dividend payout ratio dan net profit margin sebagai hasil uji faktor berpengaruh secara simultan maupun secara parsial terhadap nilai perusahaan serta kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating mempengaruhi hubungan variabel earning per share, return on equity, net cash flow, dividend payout ratio dan net profit margin terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini yaitu sebanyak yaitu 35 perusahaan yang merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2008-2011. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling berjumlah 14 perusahaan. Data diolah menggunakan metode uji Kaiser-Meyer-Olkin (KMO), metode uji statistik regresi linier berganda untuk hipotesis pertama, dan uji residual untuk hipotesis kedua dengan menggunakan software SPSS. Hasil Penelitian ini membuktikan pada hipotesis pertama bahwa earning per share, return on equity, net cash flow, dividend payout ratio dan net profit margin berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui uji faktor, dan pada hipotesis kedua bahwa earning per share, return on equity, net cash flow, dividend payout ratio, net profit margin secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan secara parsial hanya variabel return on equity yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Ketika kepemilikan manajerial digunakan sebagai variabel moderating pada pengujian ketiga, variabel kepemilikan manajerial bukan merupakan variabel moderating yang dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara earning per share, return on equity, net cash flow, dividend payout ratio, net profit margin dengan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang bergerak dalam sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI
Collections
- Master Theses [1327]