Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Nasabah untuk Menggunakan Kredit BNI Wirausaha di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Sentra Kredit Kecil Pematang Siantar
View/ Open
Date
2011Author
Susanty, Alice
Advisor(s)
Fauzi, Amrin
Lubis, Arlina Nurbaity
Metadata
Show full item recordAbstract
The better prospect of banking industry create a binding competition. PT.
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Sentra Kredit Kecil (SKC) Pematang Siantar
need to have a reliable marketing strategy in selling their product. One of the
marketing strategy that can support to sell the lending product is the using of
marketing mix that consist of product, price, place, promotion, people, process, and
customer service.
The main problem in this research is how far the marketing mix that consist of
product, price, place, promotion, people, process, and customer service influence the
customer decision in using BNI Wirausaha loan and how far the sales promotion and
personal selling influence the implementation of promotion that have been done.
The goal of this research is to find out and analyze the effect of marketing
mix that consist of product, price, place, promotion, people, process and customer
service to customer decision in using BNI Wirausaha loan at Bank BNI Sentra Kredit
Kecil Pematang Siantar and also to analyze the influence of sales promotion and
personal selling in promotion at Bank BNI Sentra Kredit Kecil Pematang Siantar.
The theory used in this research is The Theory of Marketing Management
related to Marketing Mix and Consumer Behavior. The research type is explanatory
research which is supported by survey method and quantitative descriptive approach.
The techniques used for primary data collection is Questionnaires, interviews, and
documentation study. The population are 258 customers of BNI Wirausaha with
sample size 72 respondents. The hypothesis test uses multiple linear regression
analysis, F test (simultaneous) and t test (partial) used in order to explain the effect
of independent variables of dependent variables at the coefficient level 95 % (· =
5%).
The conclusion is marketing mix that consist of product, price, place,
promotion, people, process, and customer service both simultaneously and partially
have significant influence to the customer decision in using BNI Wirausaha loan at
Bank BNI SKC Pematang Siantar. Prospek industri perbankan yang semakin baik menciptakan persaingan yang
semakin ketat. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Sentra Kredit Kecil (SKC)
Pematang Siantar perlu memiliki suatu strategi pemasaran yang jitu dalam memasar kan produknya. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam
memasarkan kredit adalah penggunaan bauran pemasaran yang meliputi produk,
harga, lokasi, promosi, manusia, proses, dan pelayanan nasabah.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauhmana pengaruh bauran
pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, manusia, proses, dan
pelayanan nasabah terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan kredit BNI
Wirausaha dan sejauhmana pengaruh promosi penjualan dan penjualan personal
terhadap pelaksanaan promosi kredit yang dilakukan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi,
manusia, proses, dan pelayanan nasabah terhadap keputusan nasabah untuk
menggunakan kredit BNI Wirausaha dan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh
promosi penjualan dan penjualan personal terhadap promosi kredit yang dilakukan.
Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori manajemen pemasaran
yang berhubungan dengan bauran pemasaran dan perilaku konsumen. Pendekatan
yang digunakan adalah survey, jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif, dan sifat
penelitian adalah penelitian penjelasan. Populasi penelitian ini adalah nasabah kredit
BNI Wirausaha di BNI SKC Pematang Siantar yang berjumlah 258 orang dengan
sampel penelitian sebanyak 72 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui
wawancara dan mengisi kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi
linier berganda, uji F (serempak) dan uji t (parsial) dimaksud untuk mengetahui
secara serempak dan parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel
dependen pada tingkat kepercayaan 95% (· = 5%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa bauran pemasaran yang terdiri
dari produk, harga, lokasi, promosi, manusia, proses, dan pelayanan nasabah sangat
berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan kredit BNI Wirausaha
di BNI SKC Pematang Siantar.
Collections
- Master Theses [1169]