Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kecamatan di Medan Denai
View/ Open
Date
2011Author
Sinulingga, Alexander
Advisor(s)
Rismayani
Lumbanraja, Prihatin
Metadata
Show full item recordAbstract
Since there are numerous challenges in increasing public service nowadays,
either qualitatively of quantitatively, there are undoubtedly, obtious differences
between the capability and knowledge of the government employees and those of the
employees of the private compnanies. It is, therefore urgent for the government to
improve the capability, knowledge and skills of the employees so that they are able to
compete with the employees of the private companies. One of the methods to know the
differences in the degree of capability, knowledge, and skills of the employees is by
evaluating their behavior and activities on the daily basis. This evaluation is the
realization of the standard performance.
The aim of the research was to know and analyze the influence the discipline
and work satisfaction on the employees performance and to know the influence of
organizational culture on the employees discipline in Medan Denai Sub-district. This
research was a survey and the data were collected by using the primary data, while
the questionnaires were distributed to 63 respondents. The method of analyze was
multiple regression method, t test, F test and determination test.
The first hypothesis showed that, simultaneously, the variables of discipline
and work satisfaction had significant influence on the employees performance in
Medan Denai Sub-district. Partially, work satisfaction in an organization had more
significant influence than the discipline, where the work satisfaction would cause the
employees to be disciplined and to be able to increase their performance.
The second hypothesis showed that the variables of the organizational culture
had significant influence on the employees discipline in Medan Denai Sub-district.
Partially, it was evident that the organizational culture of the organization in Medan
Denai Sub-district was high enough in encouraging the employees discipline.
Organizational culture, such as innovation and risk-taking, detail awareness, result
orientation, team orientation, aggressiveness, and consolidation, would be able to
increase the employees discipline. Adanya tantangan-tantangan baru untuk meningkatkan pelayanan publik baik
kualitas maupun kuantitasnya, di mana sudah tidak bisa dipungkiri lagi dalam
organisasi pemerintah terdapat perbedaan tingkat kemampuan dan pengetahuan yang
cukup mencolok yang dimiliki aparatnya, dibandingkan dengan sumber daya manusia
pada organisasi swasta, maka merupakan suatu hal yang urgen bagi pemerintah untuk
melakukan peningkatan dan pengembangan kemampuan, pengetahuan serta
keterampilan sumber daya manusianya, sehingga diharapkan akan bisa menghasilkan
aparatur yang memiliki tingkat kompetensi yang kompetitif dengan sektor swasta.
Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat
kemampuan, keterampilan dan pengetahuan pegawai, serta untuk memperoleh aparat
yang memiliki tingkat kompetitif yang tinggi, adalah dengan melakukan penilaian
atas semua perilaku dan kegiatan pegawai dalam melaksanakan tugas dan
kewajibannya sehari-hari. Penilaian terhadap semua perilaku dan kegiatan pegawai
dalam pekerjaannya merupakan perwujudan dari prestasi kerja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap prestasi kerja pegawai di Kecamatan
Medan Denai. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi
terhadap disiplin kerja di Kecamatan Medan Denai.
Penelitian ini menggunakan pendekatan survei, yaitu metode pengumpulan
data menggunakan data primer. Data Primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner
kepada responden sebanyak 63 responden. Metode analisis yang digunakan adalah
metode regresi berganda, uji t, uji F dan uji Determinasi.
Berdasarkan hasil pembahasan pengujian hipotesis pertama menyatakan
bahwa secara serempak variabel disiplin kerja dan kepuasan kerja berpengaruh secara
signifikan terhadap prestasi kerja pegawai Kecamatan Medan Denai. Secara parsial
kepuasan kerja di dalam suatu organisasi lebih berpengaruh dibandingkan dengan
disiplin kerja, di mana kepuasan kerja yang tinggi akan memunculkan pegawai untuk
bekerja dengan disiplin dan mampu meningkatkan prestasi kerjanya.
Hasil Pengujian hipotesis kedua menyatakan bahwa variabel budaya
organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin kerja pegawai
di Kecamatan Medan Denai. Secara parsial ternyata budaya organisasi di dalam suatu
organisasi di Kecamatan Medan Denai sangat nyata dalam mendukung naiknya
disiplin kerja pegawai, budaya organisasi seperti inovasi dan pengambilan resiko,
perhatian kerincian, orientasi hasil, orientasi orang, orientasi tim, keagresifan dan
kemantapan akan mampu mendukung dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai.
Collections
- Master Theses [527]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Etos Kerja, Iklim Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sumatera Utara
Fajariadi, Dian (Universitas Sumatera Utara, 2014)One of the parameters of the success in nursing service is to what extent nurses' productivity in providing good nursing care for their clients and the clients' families. In order to achieve the development of optimal work ... -
Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik dan Beban Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. United Rope Medan
Pardosi, Tianggur Angelia (Universitas Sumatera Utara, 2023)Human Resources is the key that determines the development of the company in achieving the company's organizational goals, one of the supporting factors is by giving employees a sense of job satisfaction. The condition ... -
Pengaruh Kemampuan Kerja, Hubungan antara Atasan dan Bawahan dan Situasi Kerja terhadap Prestasi Kerja dengan Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Bank Syariah Indonesia, Area Medan Raya
Rurysun, Novri (Universitas Sumatera Utara, 2022)This research finds that employees do not optimally complete their task an time. They do not respond to the instructions and are not able to solve any work problems. The objective of the research is to find out the effect ...