Analisis Pengaruh Harga, Fasilitas, Lokasi dan Lingkungan terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Studi Kasus pada Perumahan Oma Deli Internasional Medan)
View/ Open
Date
2013Author
Syuhada, Andi
Advisor(s)
Rismayani
Syahrizal
Metadata
Show full item recordAbstract
Perumahan Oma Deli Internasional Internasional merupakan
perumahan berkonsep cluster atau one gate system. Target pasar dari perumahan
ini adalah konsumen dengan pendapatan menengah keatas dari kalangan muda
dan pengambil keputusan. Pengembang memberikan konsep berbeda dalam
menawarkan produk perumahan dimana di konsep cluster tersebut di lengkapi
dengan fasilitas taman yang luas dan kolam renang yang nyaman. Meskipun
harga yang ditawarkan relatif mahal tetapi tingkat hunian tergolong bagus
dilihat dari pengembangan perumahan berkonsep cluster. Berbagai daya tarik
yang diberikan kepada para pembeli ternyata tidak direspon dengan baik oleh
pasar, hal ini terlihat dari tingkat penjualan perumahan yang tidak memenuhi
target dalam 3 (tiga) tahun terakhir. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis
pengaruh faktor harga, fasilitas, lokasi dan lingkungan terhadap keputusan
pembelian rumah pada Perumahan Oma Deli Internasional Medan, serta
menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian
rumah pada Perumahan Oma Deli Internasional Medan.
Pada penelitian ini populasi adalah pembeli rumah sekaligus penghuni
pada Perumahan Oma Deli Internasional Medan. Populasi yang ada berjumlah 59
keluarga yang memiliki rumah di Perumahan Oma Deli Internasional. Data yang
diperoleh dalam bentuk jawaban kuesioner diolah dengan analisis regresi
berganda.
Hasil penelitian menunjukkan faktor harga, fasilitas, lokasi, dan
lingkungan memberikan pengaruh sebesar 76,9% terhadap keputusan pembelian
rumah di Perumahan Oma Deli Internasional, sedangkan 23,1% dipengaruhi
faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Faktor lokasi memberikan
pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian rumah di Perumahan
Oma Deli Internasional. Keberadaan lokasi perumahan, apakah dipusat di
pinggir kota sangat mempengaruhi minat konsumen dalam membeli rumah.
Semakin strategis letak perumahan tersebut berarti semakin baik dan
memiliki tingkat permintaan yang semakin tinggi. Faktor harga berkorelasi
negatif terhadap keputusan pembelian hal ini menunjukkan bahwa penurunan
harga rumah akan menaikkan keputusan pembelian.