Analisis Skala Prioritas terhadap Pembiayaan Promosi Produk- Produk E-Banking dalam Mempengaruhi Fee Based Income di PT. Bank Cimb Niaga Medan
View/ Open
Date
2013Author
Dwicahyo, Harry
Advisor(s)
Sitompul, Darwin
Sitompul, Opim Salim
Metadata
Show full item recordAbstract
Bank CIMB Niaga berusaha untuk memenuhi kebutuhan transaksi
keuangan perorangan, perusahaan maupun korporasi dengan menggunakan media
e-banking untuk mempermudah kegiatan bisnis para nasabahnya. Media layanan
e-banking yang ditawarkan terbagi dalam 3 produk utama yaitu, pertama adalah
go mobile, yang kedua ialah CIMB clicks dan ketiga adalah biz channel.
Anggaran biaya yang dikeluarkan untuk ketiga produk e-banking relatif
meningkat dari tahun ke tahun. Sementara realisasi kenaikan pendapatan Fee
Based Income dari tahun ke tahun dibandingkan dengan kenaikan Biaya Promosi
relatif lebih kecil.
Ada tiga faktor yang mempengaruhi meningkatnya pembiayaan promosi
yang merupakan sumber biaya bagi produk e-banking pada CIMB Niaga; (1)
faktor teknologi informasi (2) faktor iklan dan (3) kompetensi tenaga penjual.
Berdasarkan hasil analisis, secara keseluruhan bahwa pengaruh variabel
teknologi informasi, iklan dan kompetensi tenaga penjual di dalam meningkatnya
biaya promosi pengaruhnya mencapai 58,6%, dan 41,4% dipengaruhi faktor lain.
Variabel yang memberikan pengaruh cukup besar di dalam upaya meningkatnya
pembiayaan promosi yang merupakan sumber biaya bagi produk e-banking pada
CIMB Niaga Cabang Medan adalah variabel iklan dengan besarnya mencapai
0,32 atau sebesar 32%, sedangkan variabel teknologi informasi hanya
berpengaruh sebesar 0,194 atau sebesar 19,4%. dan kompetensi tenaga penjualan
sebesar 0,072 atau sebesar 7,2%.
Berdasarkan hasil tersebut juga dapat dikatakan bahwa variabel iklan lebih
besar pengaruhnya didalam meningkatnya biaya promosi yang merupakan sumber biaya bagi produk e-banking pada CIMB Niaga. Hal inilah yang menjadi
kebijakan perusahaan untuk menentukan sikap dalam membuat skala prioritas
biaya promosi apa yang seharusnya dianggap penting untuk mengurangi biayabiaya
lain yang juga menyebabkan sumber biaya bagi produk e-banking. Jika
Perusahaan ingin meningkatkan pendapatan atau fee based income dari layanan ebanking,
hendaklah perusahaan juga mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk
layanan e-banking tersebut.