Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Toyota Avanza di Auto 2000 Sisingamangaraja Medan
View/ Open
Date
2013Author
Kurniawan, Taufik Fadil
Advisor(s)
Nazaruddin
Mulyani, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penjualan Toyota Avanza mengalami puncak penjualan di tahun 2011,
namun di tahun 2012 mengalami penurunan penjualan. Pangsa pasar Toyota
Avanza mengalami penurunan dari 69,71% di tahun 2012 menjadi 68,66% di
Maret 2013 . Walau masih menguasai pasar namun terjadi penurunan pangsa
pasar, hal ini tentunya tidak diharapkan. Pesaing Toyota Avanza di tipe mobil non
sedang MPV yakni Suzuki Ertiga justru menunjukkan peningkatan pangsa pasar
yang signifikan. Keputusan pembelian terhadap suatu produk sangat dipengaruhi
oleh perilaku konsumen, untuk itu dalam melakukan penjualan perlu diperhatikan
hal terersebut, dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah variabel
produk, harga, promosi dan brand image.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan pembelian Toyota Avanza di Auto 2000 Medan serta
merekomendasikan kebijakan dalam meningkatkan penjualan Toyota Avanza di
Auto 2000 Medan dari aspek produk, harga, promosi dan brand image agar
penjulan mengalami peningkatan. Pengumpulan data melalui kuesioner kepada 60
(enam puluh) pembeli berdasarkan teknik purposive sampling.
Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regresi
berganda. responden. Hasil penelitian menunjukkan faktor brand image
merupakan faktor yang paling kuat mempengaruhi keputusan pembelian Toyota
Avanza di Auto 2000. Hal ini menunjukkan merek yang sudah dikenal menjadi
faktor penting yang menjadi pertimbangan dalam membeli mobil.