Strategi Meningkatkan Minat Beli Ulang Apotek terhadap Produk Obat PT Novell Pharmaceutical Labs Medan
View/ Open
Date
2014Author
Dachi, Angela Caesariastika
Advisor(s)
Zein, Zahari
Nazaruddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Kinerja penjualan penting untuk dianalisis karena tujuan umum dari setiap perusahaan adalah untuk memperoleh laba tertentu, dan hal itu akan dapat tercapai apabila kegiatan penjualan dapat dilaksanakan secara berhasil sesuai dengan yang direncanakan. Sejak tahun 2008 terjadi penurunan jumlah pelanggan apotek, baik pelanggan lama maupun pelanggan baru. Menurunnya jumlah apotek ternyata berbanding lurus dengan frekuensi pembelian ulang yang semakin menurun, hingga mencapai 1.487 kali di tahun 2012. Hal ini menjadi indikasi adanya permasalahan dalam minat beli ulang apotek.
Tujuan dari penelitian ini untuk menemukenali faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ulang serta menemukan strategi untuk meningkatkan penjualan khususnya pada pelanggan apotek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah 91 apotek yang masih menjadi pelanggan PT Novell Pharmaceutical Labs Medan. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Kualitas pelayanan, kompetensi penjual dan harga memberikan pengaruh sebesar 39,1% terhadap minat beli ulang, sedangkan 60,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Faktor kompetensi tenaga penjual memberikan pengaruh paling dominan terhadap minat beli ulang apotek di PT Novell Pharmaceuticall Labs Medan.