Analisis Kinerja Pemasaran Pembiayaan Murabahah pada Nasabah UKM Bank Sumut Syariah Stabat
View/ Open
Date
2014Author
Kurnia, R Aldri
Advisor(s)
Rismayani
Pudjangkoro, Sugih Arto
Metadata
Show full item recordAbstract
PT Bank Sumut Syariah Stabat merupakan unit usaha dari PT Bank Sumut sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan yang beroperasi dan berkedudukan di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Bank Sumut Syariah Stabat sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan memiliki produk pembiayaan, salah satu produknya yaitu pembiayaan murabahah. Berdasarkan data mengenai pembiayaan murabahah mulai tahun 2011 sampai dengan 2013 mengalami penurunan jumlah nasabah. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan kebijakan yang tepat dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah PT Bank Sumut Syariah Stabat. Dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh inovasi, promosi dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Data dikumpulkan dari 20 responden yang berasal dari staff PT Bank Sumut Syariah Stabat, penelitian ini bersifat deskriptif. Dari hasil penelitian ini dapat menggambarkan hubungan yang terjalin antar variabel, dimana inovasi, promosi dan orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pembiayaan murabahah. Dalam penelitian ini juga menghubungkan hasil penelitian terhadap implikasi teoritis dan manajerial. Disarankan kepada PT Bank Sumut Syariah Stabat untuk mengelola kinerja pemasaran dengan meningkatkan inovasi, promosi, dan orientasi pasarnya dimana ketiga faktor tersebut memberi pengaruh terhadap kinerja pemasaran pembiayaan PT Bank Sumut Syariah Stabat.