Analisis Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Hotel Polonia
View/ Open
Date
2012Author
Silaban, Detty Hertati
Advisor(s)
Pujangkoro, Sugih Arto
Metadata
Show full item recordAbstract
Persaingan yang semakin ketat dan semakin berkembangnya ekspektasi pelanggan
mendorong perusahaan untuk lebih memfokuskan pada upaya untuk mempertahankan
pelanggan yang ada. Mempertahankan pasar yang ada melalui pengembangan loyalitas
pelanggan merupakan tujuan strategik perusahaan untuk mempertahankan bisnis dan profit
mereka dalam jangka panjang. Dalam hal ini Hotel Polonia Medan dituntut untuk
meningkatkan bauran pemasaran jasa dan kualitas pelayanan yang baik dalam menciptakan
kepuasan dan loyalitas konsumen di hotel Polonia Medan.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran pemasan
dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen di hotel Polonia Medan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, serta mengetahui dan menganalisis
pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen.
Penelitian dilakuakan di Hotel Polonia Medan. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif
dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel 108 responden. Pengujian
hipotesis dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM), dengan
perangkat lunak AMOS 18.
Hasil uji kecocokan memenuhi kriteria goodness of fit yaitu chi square= 117.038, nilai
probabilitas (P), nilai CMIN/DF sebesar 1.115, nilai GFI sebesar 0.893, nilai AGFI sebesar
0.844 (marginal), nilai TLI sebesar 0.992, nilai CFI sebesar 0.994 dan nilai RMSEA sebesar
0.033. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model keseluruhan memenuhi kriteria model fit dan
hasil pengujian 3 (tiga) hipotesis dalam penelitian ini juga diperoleh hasil yang signifikan dan
ketiga hipotesis tersebut dapat diterima yaikni bauran pemasaran dan kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan serta kepuasan berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas konsumen.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas Hunian
Collections
- Master Theses [1169]