Rancangan Perbaikan Kualitas Pelayanan Kesehatan untuk Meningkatkan Produktivitas Rumah Sakit Pelabuhan Medan
View/ Open
Date
2014Author
S, Juni
Advisor(s)
Sinulingga, Sukaria
Huda, Listiani Nurul
Metadata
Show full item recordAbstract
Kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Pelabuhan Medan selama lima
tahun terakhir Bed Occupancy Rate (BOR)/pemanfaatan hunian tempat tidur rumah
sakit tidak pernah mencapai standar Depkes RI (2005) yaitu 60% - 85%, hal ini
menunjukan fasilitas rawat inap tidak optimal. Citra yang tidak baik selama ini
disebabkan karena kualitas pelayanan rumah sakit menurun baik dalam memberikan
pelayanan kepada masyarakat, dengan demikian perlu dikaji dan diteliti bagaimana
kualitas pelayanan kesehatan rumah sakit berdasarkan penilaian dan harapan pasien
guna meningkatkan produktivitas rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini untuk
mendapatkan rancangan perbaikan yang berkualitas sehingga Rumah Sakit Pelabuhan
Medan memberikan pelayanan lebih baik dan menaikan rumah sakit dari kelas D ke
kelas C sesuai harapan Rumah Sakit Pelabuhan Medan. Perhitungan dengan
menggunakan metode deskriptif korelasi dengan rancangan teknik pengumpulan data
dan menggunakan kuesioner sampel penelitian ini adalah pasien rawat inap yang
berjumlah 94 pasien. Hasil dari penelitian dan harapan pasien terhadap aspek dimensi
kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Pelabuhan Medan baik dari segi input
(sarana, fisik, peralatan medis) maupun segi proses yaitu Servqual (tangible,
reliability, responsiveness, assurance, empaty) yang merupakan faktor dominan
kunjungan pasien ke rumah sakit. Untuk meningkatkan pencapaian BOR dan
peningkatan kelas dari kelas D ke kelas C maka upaya perbaikan kualitas pelayanan
kesehatan rumah sakit pelabuhan Medan perlu dilakukan dengan cara meningkatkan
kualitas pelayanan kesehatan dari segi tenaga kesehatan, fasilitas medis dan non
medis dan pelayanan administrasi rumah sakit.
Collections
- Master Theses [177]