Analisis Kebijakan Perluasan Produk yang Efektif Guna Meningkatkan Pendapatan pada Garuda Plaza Hotel
View/ Open
Date
2014Author
Firmansyah, Edy
Advisor(s)
Iskandarini
Sinulingga, Sukaria
Metadata
Show full item recordAbstract
Product extention policy can be said as branding policies, or building a brand, which for the policy is always done by the product lines extention, brand extention, brand development and new brand development.
Product extention by Garuda Plaza Hotel has not satisfactory. This can be seen from the growth of customer number who come the hotel still low, where Bed Occupancy Rate in services between 2009-2013 increased by 5,3%, so that level of income increased only 4,2%. This can be seen from the average growth of the income by one customer 3,8% during 2009-2013.
This research has purpose to get an alternative policy does Garuda Plaza Hotel increase revenue, where the main goal of research is to find factors that affect with the addition of facilities (needs of product extention), including the expectations of the customer to addition products and facilities, management’s desire to addition products and fasilities, and employee satisfaction to products and facilities currently.
From results of this research, there are two factors that affect the needs of product extention in Garuda Plaza Hotel, the expectation of the customer to addition products and facilities and management’s to addition products and facilities, so Garuda Plaza Hotel should be able to fix these variables to develop alternative of policy to increase the revenue. Kebijakan perluasan produk dapat dikatakan sebagai kebijakan pemberian merek atau membangun merek, dimana kebijakan ini senantiasa dilakukan dengan cara perluasan lini produk, perluasan merek, Pengembangan merek, dan pengembangan produk baru.
Perluasan produk yang dilakukan oleh Garuda Plaza Hotel selama ini memang belum memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari masih rendahnya jumlah pelanggan yang datang ke hotel tersebut, dimana tingkat pertumbuhan jasa hunian (Bed Occupancy Rate) hotel antara 2009-2013 yang mengalami peningkatan sebesar 5,3%, sehingga tingkat pendapatan meningkat cuma 4,2%. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata tingkat pertumbuhan pendapatan yang diperoleh dari satu orang pelanggan sebesar 3,8% selama tahun 2009-2013.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternatif kebijakan yang harus dilakukan Garuda Plaza Hotel agar mampu meningkatkan pendapatan, dimana sasaran pokok dari penelitian adalah menemukan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap penambahan fasilitas (kebutuhan perluasan produk), diantaranya adalah harapan pelanggan terhadap penambahan fasilitas, keinginan manajemen melakukan penambahan fasilitas, dan kepuasan karyawan terhadap fasilitas hotel saat ini.
Dari hasil penelitian terdapat dua faktor yang mempengaruhi kebutuhan perluasan produk di Garuda Plaza Hotel, yaitu harapan pelanggan terhadap penambahan produk dan fasilitas, dan keinginan manajemen melakukan penambahan produk dan fasilitas, sehingga Garuda Plaza Hotel harus dapat memperbaiki variabel tersebut dengan mengembangkan alternatif kebijakan yang harus dilakukan untuk mampu meningkatkan pendapatan.