Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Volume Penjualan Unit Genset pada PT Hartech Primalistrindo di Medan
Abstract
Selama tahun 2013, kota Medan mengalami krisis kebutuhan listrik. Pemadaman bergilir terus dilakukan oleh PLN selama periode ini dan baru diperkirakan akan berakhir pada November 2013. Secara umum, kebutuhan akan genset akan semakin meningkat. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa kondisi yang tidak baik tersebut juga akan mendorong naiknya harga barang, termasuk juga harga genset. Harga genset yang tinggi tentunya juga dapat menjadi hambatan bagi penjualan genset.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ada 2 (dua) hal, yaitu menemukan faktor – faktor yang mempengaruhi penjualan genset dan mencari strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan unit genset PT Hartech Primalistrindo di Kota Medan.
Pada penelitian ini, data yang didapat merupakan data yang dikumpulkan dari sampel – sampel yang mewakili seluruh populasi konsumen genset Hartech di Medan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif untuk menggambarkan karakteristik dari suatu fenomena tertentu dengan mengumpulkan data untuk menguji pertanyaan penelitian atau hipotesis yang berkaitan dengan keadaaan saat ini. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability sampling.
Dari hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa ketujuh varibel bauran pemasaran (marketing mix) yaitu varibel Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Penampilan Fisik dan Proses memberikan pengaruh sebesar 40,9 % terhadap keputusan pembelian konsumen yang sangat menentukan volume penjualan genset Hartech. Secara parsial, variable yang paling berpengaruh adalah varibel orang, tempat dan promosi.