Modifikasi Perilaku Dengan Self-Control Strategies untuk Menurunkan Tingkat Kecanduan Online Role Playing Game (Self Control Strategies As Behavior Modification To Reduce Online Role Playing Game Addiction)
View/ Open
Date
2015Author
Fachrina Ulfa, Fatina
Advisor(s)
Sulistyaningsih, Wiwik
Hadiati Wulandari, Lita
Metadata
Show full item recordAbstract
This study aimed to test the effectiveness of behavior modification
treatment in the form of self-control strategies in order to reduce the level of
addiction to online role playing game in adolescents. The subjects were 10 male
junior high school students who play games about 4 to 8 hours per day for 6
months. Treatment given for 7 meetings with the material that is psychoeducation
about gaming addiction and tasks application exercises self-control in order to
prevent play. Data were collected using self-control scale and scale addicted to
gaming, which is then analyzed by non-parametric statistical Mann-Whitney. The
results showed that: (1) Provision of behavior modification with an effective selfcontrol
strategy to reduce the level of addiction to online games; (2) There was a
reduction in the length of the game play 4-8 hours per day (before treatment) to 2
hours per day (after treatment); (3) The five subjects in the experimental group
who received treatment, all showed a decrease in the score of game addiction.
However, only three subjects who experienced a change in the level of addiction
to gaming from moderate to low. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pemberian tritmen
modifikasi perilaku dalam bentuk strategi kontrol diri guna mengurangi tingkat
kecanduan online role playing game pada remaja. Subjek penelitian adalah 10
orang laki-laki siswa SMP yang bermain game sekitar 4 sampai 8 jam per hari
selama 6 bulan terakhir. Tritmen diberikan selama 7 kali pertemuan dengan materi
yakni psikoedukasi tentang kecanduan bermain game dan tugas-tugas latihan
penerapan kontrol diri untuk mencegah bermain game. Data dikumpulkan dengan
menggunakan skala kontrol diri dan skala kecanduan bermain game, yang
selanjutnya dianalisis dengan statistik non parametrik Mann-Whitney. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemberian modifikasi perilaku dengan
strategi kontrol diri efektif untuk mengurangi tingkat kecanduan online game; (2)
Terjadi pengurangan lamanya bermain game yakni 4-8 jam per hari (sebelum
tritmen) menjadi 2 jam per hari (setelah tritmen); (3) Kelima orang subjek di
kelompok eksperimen yang mendapatkan tritmen, semuanya menunjukkan
penurunan skor kecanduan game. Namun demikian hanya tiga orang subjek yang
mengalami perubahan tingkat kecanduan bermain game dari tingkat sedang
menjadi rendah.