Pengaruh Persepsi Guru tentang Lingkungan terhadap Perilaku Siswa dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Kajian terhadap Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Batu Bara)
View/ Open
Date
2011Author
Rahayu, Marni
Advisor(s)
Fachruddin, Chalida
Widhiastuti, Retno
Badaruddin
Metadata
Show full item recordAbstract
This thesis purposed is to investigate the perception of elementary school
teachers in the District of Batu Bara on the environment and to determine the
influence level of primary school teachers' perception about the environment on the
behavior of elementary school students in environmental management in schools in
Batu Bara. In this research, collecting data from November 2010 until January 2011,
which consists of data teachers' perceptions and student behavior through
questionnaires given to teachers grade IV, V and VI Elementary School in Batu Bara
of 84 respondents and students in grade IV, V and VI Elementary School in Batu
Bara of 234 respondents, the method used was purposive sampling. Questionnaire
data is processed and tested f-test, t-test and regression with SPSS. From the results
of this study concluded that the perception of elementary school teachers in Batu
Bara environmental good majority, which is about 75.0%, and perceptions of
elementary school teachers in Batu Bara about the environment have significant and
positive impact on student behavior in environmental management . Tesis ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru SD di Kabupaten
Batubara tentang lingkungan hidup dan untuk mengetahui pengaruh tingkat persepsi
guru SD tentang lingkungan hidup terhadap perilaku siswa SD dalam pengelolaan
lingkungan hidup di sekolah di Kabupaten Batubara. Pada penelitian ini dilakukan
pengumpulan data dari bulan Nopember 2010 sampai dengan Januari 2011, yang
terdiri dari data persepsi guru dan perilaku siswa melalui kuisioner yang diberikan
kepada guru kelas IV, V dan VI SD di Kabupaten Batu Bara sebanyak 84 responden
dan siswa kelas IV, V dan VI SD di Kabupaten Batu Bara sebanyak 234 responden,
metode yang digunakan adalah sampel bertujuan. Data kuisioner diolah dan
dilakukan uji F, uji t dan regresi dengan bantuan SPSS. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa persepsi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Batu Bara tentang
lingkungan hidup mayoritas baik, yaitu sebanyak 75.0%, dan persepsi guru SD di
Kabupaten Batu Bara tentang lingkungan memberikan pengaruh yang signifikan dan
positif terhadap perilaku siswa dalam pengelolaan lingkungan hidup.