• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Communication Science
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Communication Science
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Komunikasi Terapeutik Terapis dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autis (Studi Kasus di Sekolah Luar Biasa Negeri Autis Medan)

    View/Open
    Fulltext (3.514Mb)
    Date
    2021
    Author
    Amanda, Tami Gustia
    Advisor(s)
    Pohan, Syafruddin
    Mazdalifah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan komunikasi terapeutik terapis dalam meningkatkan interaksi sosial anak autis di SLB Negeri Autis Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu 3 (tiga) orang terapis di SLB Negeri Autis Medan dan 2 (dua) orang informan triangulasi yaitu orangtua dari anak autis yang bersekolah di SLB Negeri Autis dan seorang ahli di bidang psikologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori-teori pembinaan hubungan dalam komunikasi terapeutik terapis yang bersumber dari teori-teori komunikasi antarpribadi. Temuan penelitian setelah data jenuh dan terpenuhi menunjukkan bahwa penerapan komunikasi terapeutik terapis dalam meningkatkan interaksi sosial anak autis adalah dengan menggunakan metode ABA dan melalui tahap assessment, observasi, pengenalan diri dan lingkungan serta kelas klasikal. Hasil temuan juga menunjukkan bahwa terdapat faktor pendukung serta faktor penghambat penerapan komunikasi terapeutik terapis yaitu penerimaan dan peran serta orangtua, metode terapi, media terapi, kemampuan terapis, tingkat keparahan anak autis serta diet makanan. Peneliti berkesimpulan bahwa penerapan komunikasi terapeutik terapis dalam meningkatkan interaksi sosial anak autis di SLB Negeri Autis Medan dengan menggunakan metode ABA dan melalui empat (4) tahapan telah sesuai dalam meningkatkan interaksi sosial dan komunikasi anak autis di lingkungan sekolah.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/37172
    Collections
    • Master Theses [357]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV