Show simple item record

dc.contributor.advisorPohan, Syafruddin
dc.contributor.advisorMazdalifah
dc.contributor.authorAmanda, Tami Gustia
dc.date.accessioned2021-07-22T03:24:01Z
dc.date.available2021-07-22T03:24:01Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/37172
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan komunikasi terapeutik terapis dalam meningkatkan interaksi sosial anak autis di SLB Negeri Autis Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu 3 (tiga) orang terapis di SLB Negeri Autis Medan dan 2 (dua) orang informan triangulasi yaitu orangtua dari anak autis yang bersekolah di SLB Negeri Autis dan seorang ahli di bidang psikologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori-teori pembinaan hubungan dalam komunikasi terapeutik terapis yang bersumber dari teori-teori komunikasi antarpribadi. Temuan penelitian setelah data jenuh dan terpenuhi menunjukkan bahwa penerapan komunikasi terapeutik terapis dalam meningkatkan interaksi sosial anak autis adalah dengan menggunakan metode ABA dan melalui tahap assessment, observasi, pengenalan diri dan lingkungan serta kelas klasikal. Hasil temuan juga menunjukkan bahwa terdapat faktor pendukung serta faktor penghambat penerapan komunikasi terapeutik terapis yaitu penerimaan dan peran serta orangtua, metode terapi, media terapi, kemampuan terapis, tingkat keparahan anak autis serta diet makanan. Peneliti berkesimpulan bahwa penerapan komunikasi terapeutik terapis dalam meningkatkan interaksi sosial anak autis di SLB Negeri Autis Medan dengan menggunakan metode ABA dan melalui empat (4) tahapan telah sesuai dalam meningkatkan interaksi sosial dan komunikasi anak autis di lingkungan sekolah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKomunikasi Terapeutiken_US
dc.subjectterapisen_US
dc.subjectinteraksi sosialen_US
dc.subjectanak autisen_US
dc.titleKomunikasi Terapeutik Terapis dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autis (Studi Kasus di Sekolah Luar Biasa Negeri Autis Medan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM187045022
dc.description.pages228 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record