Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Membuka Rekening Tahapan Xpresi pada Bca Medan
View/ Open
Date
2014Author
Widiatmoko, Brono
Advisor(s)
Sitompul, Darwin
Sinulingga, Sukaria
Metadata
Show full item recordAbstract
Tahapan Xpresi merupakan produk simpanan pada BCA yang ditujukan
menjaring kaum muda untuk mulai terbiasa dengan transaksi perbankan. Dalam
perkembangannya, jumlah rekening Tahapan Xpresi BCA tidak mencapai target
yang ditetapkan yaitu hanya berkisar 15 % pada bulan Mei 2013. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh faktor budaya,
sosial, pribadi, psikologi dan presepsi stimuli pemasaran terhadap keputusan
nasabah membuka rekening Tahapan Xpresi pada BCA Medan dan dari kelima
faktor tersebut variabel manakah yang paling berpengaruh.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survei terhadap
135 responden untuk mengetahui perilaku nasabah dan pengambilan keputusan
nasabah untuk membuka rekening.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan koefisien korelasi
faktor persepsi stimuli pemasaran adalah faktor yang memiliki hubungan paling
kuat yaitu 0,647 dan dari koefisien determinasi sebesar 52,5 % keputusan nasabah
dipengaruhi oleh kelima faktor tersebut. Uji F menunjukkan secara simultan
kelima faktor berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dimana nilai
F hitung > F tabel ( 28,615 > 2,21) dan secara parsial variabel budaya dan stimuli
pemasaran memberikan pengaruh secara signifikan. Dengan demikian diambil
kesimpulan kelima faktor tersebut secara simultan dan secara parsial hanya faktor
budaya dan persepsi stimuli pemasaran yang berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan nasabah membuka rekening Tahapan Xpresi pada BCA Medan