dc.contributor.advisor | Zulkarnaen, Iskandar | |
dc.contributor.advisor | Ramadhani, Emilia | |
dc.contributor.author | Defhany | |
dc.date.accessioned | 2021-07-23T02:57:06Z | |
dc.date.available | 2021-07-23T02:57:06Z | |
dc.date.issued | 2015 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/37403 | |
dc.description.abstract | The purpose of this study is the management strategy determines the media in
PadangTV in management station television programs that are tailored to the
local area where local television is located. This study was conducted on June
25, 2014 until August 2, 2014. The theory used in connection with television
broadcasting media management and strategies existence of local television. The
method used in this study is a qualitative research informants comprised of
program managers, production managers and executive producer of the editorial
section, the coordinator of the coverage as well as some of the crew of the
station PadangTV. Data collection techniques conducted by interview. The data
were analyzed with qualitative methods include the reduction of the data, the
data display and conclusion drawing. Based on the research that in the process of
media management in producing local culture in this study are some employees
work often still make workers concurrently several positions and at the time of
reporting, encountered some resistance among speakers that are difficult to find
(fail to meet), speakers such as community who feel embarrassed to be
interviewed and weather constraints and topographical factors are quite broad
due West Sumatra hilly. Strategy undertaken by the Padang TV stations to stick
with other local television and national television in the area in Jakarta by way
of retaining programs characterized by local knowledge such as using local
languages and news content are always trying to cover the latest news in an area
that does not occur in other local stations as well as in some programs such as
entertainment programs, presenters using traditional dresses accompanied by
traditional music as well as some of the employees at the station PadangTV
recruit labor is derived from the familiar areas of West Sumatra West Sumatra.
Although there are obstacles in producing a program of local wisdom as lack of
capital, especially the lack of advertising that goes on every program distasiun
PadangTV. Problems of this program is one of the obstacles faced by most of the
local television, so it requires maximum effort to stay afloat in the future. | en_US |
dc.description.abstract | Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
manajemen media di stasiun PadangTV dalam menyusun manajemen program
acara televisi yang disesuaikan dengan muatan daerah dimana televisi lokal ini
berada. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 25 Juni 2014 sampai dengan 2
Agustus 2014. Teori yang digunakan berkaitan dengan manajemen media
penyiaran televisi dan strategi eksistensi televisi lokal. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan informan yang terdiri
dari manajer program, manajer produksi dan executive produser dibagian
redaksi, koordinator liputan serta beberapa kru dari stasiun PadangTV. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara. Data-data
dianalisis dengan metode kualitatif meliputi reduksi data, data display dan
conclusion drawing. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hambatan dalam proses
manajemen media dalam memproduksi budaya lokal dalam penelitian ini adalah
beberapa pekerjaan karyawan seringkali masih membuat para pekerjanya
merangkap beberapa posisi dan pada saat peliputan, mengalami beberapa
hambatan di antaranya narasumber yang sulit dijumpai (batal untuk bertemu),
narasumber seperti masyarakat yang merasa malu untuk diwawancarai dan
faktor kendala cuaca serta topografi yang cukup luas dikarenakan daerah
Sumatera Barat yang berbukit-bukit. Strategi yang dilakukan oleh stasiun
PadangTV untuk tetap bertahan dengan televisi lokal lainnya di daerah tersebut
dan televisi nasional di Jakarta dengan cara tetap mempertahankan program
acara yang bercirikan kearifan lokal seperti menggunakan bahasa daerah dan isi
berita yang selalu berusaha meliput berita terkini di daerah yang tidak terjadi di
stasiun lokal lainnya serta dalam beberapa program acara seperti program acara
hiburan, presenter menggunakan baju adat yang diiringi musik tradisional serta
beberapa karyawan di stasiun PadangTV merekrut tenaga kerja yang memang
berasal dari daerah Sumatera Barat yang mengenal daerah Sumatera Barat.
Walaupun terdapat kendala dalam memproduksi program kearifan lokal seperti
kurangnya modal terutama minimnya iklan yang masuk pada setiap program di
stasiun PadangTV. Permasalahan program ini merupakan salah satu kendala
yang dihadapi sebagian besar televisi lokal, sehingga membutuhkan usaha yang
maksimal untuk tetap bertahan di masa yang akan datang. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Manajemen Media Televisi | en_US |
dc.subject | Produksi Program Muatan Budaya Lokal | en_US |
dc.title | Manajemen Media Penyiaran Televisi Swasta Lokal (Studi tentang Strategi Manajemen Media di Stasiun Padang tv dalam Memproduksi Program Televisi dengan Muatan Budaya Lokal ) | en_US |
dc.identifier.nim | NIM127045001 | |
dc.description.pages | 223 Halaman | en_US |