Show simple item record

dc.contributor.advisorZulkarnain
dc.contributor.advisorAndriani Yusuf, Elvi
dc.contributor.authorKhairiah, Ummi
dc.date.accessioned2021-07-23T05:30:35Z
dc.date.available2021-07-23T05:30:35Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/37517
dc.description.abstractDiscipline adolescent is younger behavior to implement the role with self regulation, self motivation and time management. Self regulation, self motivation and time management to implement the rule reason of comprehension someboby. Missunderstanding making lose the capability self regulation, self motivation, and time management, and than maked behavior of desciplin. Cause of that need intervention psychologi with cognitive-behavior. The training is SAT (self regulation, assertiveness and time management) that is cobination activity to grow up capability self regulation and mptivation, say yes or no at the right time and time management. The goal is detect effectivity training SAT (self regulation, assertiveness and time management) to grow up desciplin adolescent at school. Kind of research is true experimental with pretest and postest control group design. Subject of research choosy with purposive sampling as many as 28 peoples in 2 gruups that is experiment and control. Statistics analysis is statistic non parametrics wilcoxon to examine two paired sample. Whereas to examine difference scor two sample independent with Mann Whitney. The Result of Mann Whitney show p = 0,00 (p<0,01), the meaning is training SAT effective to grow up descipline adolescent at school. The result analysis cualitatif show indescipline behavior become different to descipline with change missunderstanding to adequat understanding in cognitive load. The result will be used school to grow up descipline adolescent with criteria descipline in the school.en_US
dc.description.abstractKedisiplinan remaja adalah perilaku remaja dalam menjalankan aturan yang telah ditetapkan. Kemampuan melaksanakan peraturan yang berlaku dipengaruhi oleh pemahaman seseorang terhadap perilaku tersebut. Pemahaman yang salah akan menyebabkan hilangnya kemampuan mengontrol diri, memotivasi diri dan kemampuan mengatur waktu dalam melaksanakan peraturan sehingga menyebabkan munculnya perilaku indisipliner.Untuk itu dibutuhkan intervensi psikologi dengan pendekatan cognitive-behavior Adapun pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan SAT. Pelatihan SAT (self regulation, assertiveness and time management) adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan mengontrol dan memotivasi, meningkatkan kemampuan menyatakan “ya dan tidak” pada saat yang tepat dan kemampuan mengatur waktu secara benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelatihan SAT (self regulation, assertiveness and time management) dalam meningkatkan kedisiplinan remaja di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni dengan menggunakan pretest and postest control group design. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 28 orang yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisa statistik kuantitatif yang digunakan adalah statistik non para metrik wilcoxon untuk menguji dua sampel yang berpasangan. Sedangkan untuk menguji perbedaan skor dari dua sampel independent dilakukan dengan analisa non parametrik Mann Whitney. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai p = 0,00 (p<0,01), hal ini menunjukkan bahwa pelatihan SAT efektif untuk meningkatkan kedisiplinan remaja disekolah. Hasil analisa kualitatif menunjukkan bahwa pelanggaran kedisiplinan dapat dikurangi dengan merubah pikiran negatif dalam bentuk tekanan pikiran (cognitive load) menjadi pemikiranyang positif. Untul itu penelitian ini dapat digunakan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan reamaja berdasarkan kriteria kedisiplinan yang ditentukan di sekolah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectDescipline,en_US
dc.subjectTraining SAT (self regulation, assertiveness and time management),en_US
dc.subjectAdolescent.en_US
dc.titleEfektifitas Pelatihan Sat (Self Regulation, Assertiveness and Time Management Training) untuk Meningkatkan Kedisiplinan Remaja di SMAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM127029001
dc.description.pages128 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record