dc.contributor.advisor | Zulkarnain | |
dc.contributor.advisor | Andriani Yusuf, Elvi | |
dc.contributor.author | Khairiah, Ummi | |
dc.date.accessioned | 2021-07-23T05:30:35Z | |
dc.date.available | 2021-07-23T05:30:35Z | |
dc.date.issued | 2015 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/37517 | |
dc.description.abstract | Discipline adolescent is younger behavior to implement the role with self
regulation, self motivation and time management. Self regulation, self motivation
and time management to implement the rule reason of comprehension someboby.
Missunderstanding making lose the capability self regulation, self motivation, and
time management, and than maked behavior of desciplin. Cause of that need
intervention psychologi with cognitive-behavior. The training is SAT (self
regulation, assertiveness and time management) that is cobination activity to
grow up capability self regulation and mptivation, say yes or no at the right time
and time management. The goal is detect effectivity training SAT (self regulation,
assertiveness and time management) to grow up desciplin adolescent at school.
Kind of research is true experimental with pretest and postest control
group design. Subject of research choosy with purposive sampling as many as 28
peoples in 2 gruups that is experiment and control. Statistics analysis is statistic
non parametrics wilcoxon to examine two paired sample. Whereas to examine
difference scor two sample independent with Mann Whitney. The Result of Mann
Whitney show p = 0,00 (p<0,01), the meaning is training SAT effective to grow
up descipline adolescent at school. The result analysis cualitatif show indescipline
behavior become different to descipline with change missunderstanding to
adequat understanding in cognitive load. The result will be used school to grow up
descipline adolescent with criteria descipline in the school. | en_US |
dc.description.abstract | Kedisiplinan remaja adalah perilaku remaja dalam menjalankan aturan
yang telah ditetapkan. Kemampuan melaksanakan peraturan yang berlaku
dipengaruhi oleh pemahaman seseorang terhadap perilaku tersebut. Pemahaman
yang salah akan menyebabkan hilangnya kemampuan mengontrol diri,
memotivasi diri dan kemampuan mengatur waktu dalam melaksanakan peraturan
sehingga menyebabkan munculnya perilaku indisipliner.Untuk itu dibutuhkan
intervensi psikologi dengan pendekatan cognitive-behavior Adapun pelatihan
yang dimaksud adalah pelatihan SAT. Pelatihan SAT (self regulation,
assertiveness and time management) adalah serangkaian kegiatan yang dirancang
untuk meningkatkan kemampuan mengontrol dan memotivasi, meningkatkan
kemampuan menyatakan “ya dan tidak” pada saat yang tepat dan kemampuan
mengatur waktu secara benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
efektifitas pelatihan SAT (self regulation, assertiveness and time management)
dalam meningkatkan kedisiplinan remaja di sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni dengan
menggunakan pretest and postest control group design. Subjek penelitian dipilih
menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 28 orang yang dibagi menjadi
dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisa statistik
kuantitatif yang digunakan adalah statistik non para metrik wilcoxon untuk
menguji dua sampel yang berpasangan. Sedangkan untuk menguji perbedaan skor
dari dua sampel independent dilakukan dengan analisa non parametrik Mann
Whitney. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai p = 0,00 (p<0,01), hal ini
menunjukkan bahwa pelatihan SAT efektif untuk meningkatkan kedisiplinan
remaja disekolah. Hasil analisa kualitatif menunjukkan bahwa pelanggaran
kedisiplinan dapat dikurangi dengan merubah pikiran negatif dalam bentuk
tekanan pikiran (cognitive load) menjadi pemikiranyang positif. Untul itu
penelitian ini dapat digunakan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan
kedisiplinan reamaja berdasarkan kriteria kedisiplinan yang ditentukan di sekolah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Descipline, | en_US |
dc.subject | Training SAT (self regulation, assertiveness and time management), | en_US |
dc.subject | Adolescent. | en_US |
dc.title | Efektifitas Pelatihan Sat (Self Regulation, Assertiveness and Time Management Training) untuk Meningkatkan Kedisiplinan Remaja di SMA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM127029001 | |
dc.description.pages | 128 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |