Show simple item record

dc.contributor.advisorSetia, Eddy
dc.contributor.advisorMurni, Sri Minda
dc.contributor.authorMartaulina, Sinta Diana
dc.date.accessioned2021-07-26T08:36:12Z
dc.date.available2021-07-26T08:36:12Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/37785
dc.description.abstractThe research is aimed at describing kindergarten students'speech acts, identifying the types of moods, and explaining the choices of the moods. The research was a longitudinal study and conducted under descriptive qualitative methods. The sources of data were 10 kindergarten students which consists of 5 boys and 5 girls which was taken under purposive sampling technique. The data were collected through formal observation on students conversation during school hours. The data were analysed by using pragmatic theory. The results show that the children's speech act is relised in three moods: declarative, interrogative, and imperative. The speech functions covers assertive, directive, expresive, commisive It is concluded that children's speech acts include marked and unmarked utterances.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur yang direalisasikan dalam modus oleh anak usia taman kanak-kanak, mengidentifikasi jenis tindak tutur yang terjadi pada anak usia taman kanak-kanak, dan alasan tindak tutur direalisasikan dalam modus itu. Analisis penelitian ini menggunakan beberapa teori seperti teori modus, teori tindak tutur, dan teori pemerolehan bahasa dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan studi longitudinal. Penelitian ini melibatkan informan kelompok usia 4-5 tahun, yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Peneliti mengumpulkan data melalui pengamatan secara informal di lapangan. Data yang dimaksud merupakan bentuk percakapan/tindak tutur. Selanjutnya peneliti menganalisis data dengan padan pragmatis, yaitu metode yang menggunakan informan sebagai penentunya. Hasil penelitian menunjukkan tindak tutur anak usia prasekolah direalisasikan dalam tiga modus tindak tutur : deklaratif, interogatif, imperatif. Dengan demikian, fungsi tindak tutur anak TK Galilea Hosana Kids, Medan, meununjukkan yang lazim maupun yang tidak lazim (dalam bentuk metafora) menyebabkan tindak tutur direalisasikan dalam modus.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectTindak Tuturen_US
dc.subjectModusen_US
dc.subjectAnak Usia Taman Kanak-Kanaken_US
dc.titleFungsi Tindak Tutur Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak-Kanak Galilea Hosana Kids, Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM097009034
dc.description.pages121 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record