dc.contributor.advisor | Setia, Eddy | |
dc.contributor.advisor | Murni, Sri Minda | |
dc.contributor.author | Martaulina, Sinta Diana | |
dc.date.accessioned | 2021-07-26T08:36:12Z | |
dc.date.available | 2021-07-26T08:36:12Z | |
dc.date.issued | 2011 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/37785 | |
dc.description.abstract | The research is aimed at describing kindergarten students'speech acts, identifying
the types of moods, and explaining the choices of the moods. The research was a
longitudinal study and conducted under descriptive qualitative methods. The
sources of data were 10 kindergarten students which consists of 5 boys and 5 girls
which was taken under purposive sampling technique. The data were collected
through formal observation on students conversation during school hours. The
data were analysed by using pragmatic theory. The results show that the
children's speech act is relised in three moods: declarative, interrogative, and
imperative. The speech functions covers assertive, directive, expresive, commisive
It is concluded that children's speech acts include marked and unmarked
utterances. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur yang direalisasikan
dalam modus oleh anak usia taman kanak-kanak, mengidentifikasi jenis tindak
tutur yang terjadi pada anak usia taman kanak-kanak, dan alasan tindak tutur
direalisasikan dalam modus itu. Analisis penelitian ini menggunakan beberapa
teori seperti teori modus, teori tindak tutur, dan teori pemerolehan bahasa dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan studi longitudinal.
Penelitian ini melibatkan informan kelompok usia 4-5 tahun, yang terdiri dari 5
anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik pengambilan sampel dilakukan
secara purposive sampling. Peneliti mengumpulkan data melalui pengamatan
secara informal di lapangan. Data yang dimaksud merupakan bentuk
percakapan/tindak tutur. Selanjutnya peneliti menganalisis data dengan padan
pragmatis, yaitu metode yang menggunakan informan sebagai penentunya. Hasil
penelitian menunjukkan tindak tutur anak usia prasekolah direalisasikan dalam
tiga modus tindak tutur : deklaratif, interogatif, imperatif. Dengan demikian,
fungsi tindak tutur anak TK Galilea Hosana Kids, Medan, meununjukkan yang
lazim maupun yang tidak lazim (dalam bentuk metafora) menyebabkan tindak
tutur direalisasikan dalam modus. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Tindak Tutur | en_US |
dc.subject | Modus | en_US |
dc.subject | Anak Usia Taman Kanak-Kanak | en_US |
dc.title | Fungsi Tindak Tutur Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak-Kanak Galilea Hosana Kids, Medan | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM097009034 | |
dc.description.pages | 121 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |