Analisis Peran Pemasaran Pegadaian Digital Sistem (PDS) dalam Meningkatkan Citra Merek Melalui Ekuitas Merek (Studi Kasus PT Pegadaian (Persero) CP Labuhan Deli, Medan)
View/ Open
Date
2021Author
Sitompul, Yandri Rezziansyah
Advisor(s)
Irawati, Nisrul
Wibowo, Rulianda Purnomo
Metadata
Show full item recordAbstract
Digital marketing is a marketing process that uses online channel
(internet) to introduce, to educate, to brand and also to establish
communication with the customers. Online channel can be either in a website
or an application on mobile phones. The research problems are: (1) whether
Digital Marketing has an effect on Brand Image building at PT Pegadaian
(Persero) Labuhan Deli Sub-Branch, Medan; (2) whether Digital Marketing
has an effect on Brand Equity building at PT Pegadaian (Persero) Labuhan
Deli Sub-Branch, Medan; (3) whether Brand Equity has an effect on Brand
Image building at PT Pegadaian (Persero) Labuhan Deli Sub-Branch,
Medan; (4) whether Digital Marketing has an effect on Brand Image building
through Brand Equity at PT Pegadaian (Persero) Labuhan Deli Sub-Branch,
Medan.
This research uses descriptive method with correlational type and
quantitative approach. 11 uses secondary and primary data by selecting 130
respondents as the samples. Validity and reliability tests are carried out. The
data are analyzed by applying descriptive analysis method and structural
Equation Model - Partial Least Square.
The results demonstrate that (1) Digital Marketing has positive and
significant effects on Brand Image, indicating that the Digital Marketing at
PT Pegadaian (Persero) Labuhan Deli Sub-Branch has a good system, hence,
Ihe brand image of the company is understood and remembered by society or
customers whose transactions are made using pawn services; (2) Digital
Marketing has positive and significant effects on Brand Equity, indicating
that the Digital Marketing at PT Pegadaian (Persero) Labuhan Deli SubBranch
has a good system, hence, based on its marketing and financial
activities, the brand image of the company is accepted and easily
remembered by society or cllstomers whose transactions are made using
pawn services; (3) partially Brand Equity has positive and significant effects
on Brand Image, indicating that when a cilstolller is interested in digital pawn
brand at PT Pegadaian (Perseroj Labuhan Deli Sub-Branch, the brand
image of the product is improved; (4) digital marketing (X) has an effect
simultaneously to brand image m through brand equity (2); in which, the
Original Sample value is 0.244; t-statistics value is 4.955 and p-value is
0.000; thus, brand equity (2) is able to mediate the efficts of digital marketing
(X) on brand image (Y) Pemasaran digital adalah proses pemasaran yang memanfaatkan saluran
online (internet) guna mengenalkan, edukasi, branding dan juga menjalin
komunikasi dengan pelanggan dan bentuk saluran online bisa berupa website
maupun aplikasi di handphone. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah
: (1) Apakah Pemasaran Digital berpengaruh terhadap pembentukan Citra Merek di
PT Pegadaian (Persero) CP Labuhan Deli, Medan; (2) Apakah Pemasaran Digital
berpengaruh terhadap pembentukan Ekuitas Merek di PT Pegadaian (Persero) CP
Labuhan Deli, Medan; (3) Apakah Ekuitas merek berpengaruh terhadap
pembentukan Citra Merek di PT Pegadaian (Persero) CP Labuhan Deli, Medan; (4)
Apakah Pemasaran Digital berpengaruh terhadap pembentukan Citra Merek
melalui Ekuitas Merek di PT Pegadaian (Persero) CP Labuhan Deli, Medan.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan jenis korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan
menggunakan dua jenis pengumpulan data yaitu data sekunder dan data primer
dengan mengambil sampel sebanyak 130 responden, yang dilakukan dengan uji
validitas dan. uji reliabilitas, serta menggunakan metode analisis data yaitu analisa
deskriptif dan Structural Equation Model – Partial Least Square.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pemasaran Digital berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Citra Merek, dalam artian Pemasaran Digital di PT
Pegadaian (Persero) CP Labuhan Deli memiliki sistem yang baik sehingga citra
merek perusahaan dapat dipahami dan diingat oleh masyarakat atau nasabah yang
bertransaksi menggunakan jasa gadai; (2) Pemasaran Digital berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Ekuitas Merek, dalam artian Pemasaran Digital di PT
Pegadaian (Persero) CP Labuhan Deli memiliki sistem yang baik sehingga ekuitas
merek perusahaan dapat diterima dan mudah diingat oleh masyarakat atau nasabah
yang bertransaksi menggunakan jasa gadai berdasarkan aktivitas marketing dan
keuangan; (3) secara parsial variabel Ekuitas Merek memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap Citra Merek, dalam artian apabila nasabah tertarik dengan
dengan merek pegadaian digital di PT Pegadaian (Persero) CP Labuhan Deli maka
citra merek terdahap produk tersebut juga akan meningkat; (4) variabel pemasaran
digital (X) berpengaruh secara simultan terhadap citra merek (Y) melalui ekuitas
merek (Z), dimana nilai sampel asli (Original Sample) sebesar 0,244, nilai t-statistik
sebesar 4,955 dan nilai p-values sebesar 0.000, maka variabel ekuitas merek (Z)
mampu memediasi hubungan variabel pemasaran digital (X) terhadap citra merek
(Y).