dc.contributor.advisor | Mazdalifah | |
dc.contributor.advisor | Harahap, Hendra | |
dc.contributor.author | Telaumbanua, Fanolo | |
dc.date.accessioned | 2021-07-27T02:43:40Z | |
dc.date.available | 2021-07-27T02:43:40Z | |
dc.date.issued | 2014 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/37821 | |
dc.description.abstract | The communicative competence and professionalism is important thing to decided
of service quality. The country employee especially employee of Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara should be have the
communicative competence and professionalism. The aim of this research is to
know the effect of communicative competence and professionalism on the service
quality of employee of Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias
Utara. The method used of this research is correlational method, where the
professionalism on the service quality at Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kabupaten Nias Utara. The population of this research was the employee of
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara. The sample of
this research consisted of 15 peoples of employees and 50 peoples of Desa Lawira
Satua Kecamatan Lotu. To decided the number of sample used Slovin formula.
The technique of sample taking used random sampling. The technique of
collecting the data used questioner and interview. The result of the research shows
that there is a significant effect between communicative competence on the
service quality at Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias
Utara, where tcount > ttable or 3.452 > 2.052. The result of the research also shows
that there is a significant effect between professionalism on the service quality at
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara, where tcount >
ttable or 5.632 > 2.052. and then, the result of the research concluded that there was
a significant effect of communicative competence and professionalism on the
service quality at Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias
Utara, it can be seen from the F-count more bigger than F-table in significant level
of 0,05, with the other words it can be concluded that communicative competence
who has been added of professionalism increased the service quality that were
giving to the society at Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Nias Utara. | en_US |
dc.description.abstract | Kompetensi komunikasi dan profesionalisme adalah hal penting dalam
menentukan kualitas pelayanan. Aparatur Negara khususnya aparatur Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara diharapkan memiliki
kompetensi komunikasi dan profesionalisme. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh kompetensi komunikasi dan profesionalisme terhadap
kualitas pelayanan aparatur di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Nias Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
korelasional, dimana ingin melihat pengaruh kompetensi komunikasi dan
profesionalisme terhadap kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara. Populasi penelitian yaitu aparatur Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara. Sampel penelitian
yang terdiri dari 15 orang pegawai aparatur dan 50 orang penduduk desa Lawira
Satua Kecamatan Lotu. Penentuan jumlah sample menggunakan rumus Slovin.
Teknik penarikan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengambilan
data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa ada
pengaruh antara kompetensi komunikasi terhadap kualitas pelayanan di Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nias Utara, dimana thitung > ttabel atau
3.452 > 2.052. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada pengaruh antara
profesionalisme terhadap kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan
Sipil Kabupaten Nias Utara, dimana thitung > ttabel atau 5.632> 2.052. Kemudian
hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi
komunikasi dan profesionalisme terhadap kualitas pelayanan di Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara, hal ini dibuktikan
dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel pada taraf kepercayaan signifikansi
0,05, dengan demikian disimpulkan bahwa kompetensi komunikasi yang
dipadukan dengan profesionalisme aparatur dapat meningkatkan kualitas
pelayanan yang diberikan kepada masyarakat di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Kompetensi Komunikasi | en_US |
dc.subject | Profesionalisme | en_US |
dc.subject | Kualitas Pelayanan | en_US |
dc.title | Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Profesionalisme terhadap Kualitas Pelayanan Aparatur di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Utara | en_US |
dc.identifier.nim | NIM127045021 | |
dc.description.pages | 176 Halaman | en_US |