dc.contributor.advisor | Isranuri, Ikhwansyah | |
dc.contributor.advisor | Syam, Bustami | |
dc.contributor.advisor | Wirjosentono, Basuki | |
dc.contributor.author | Supriyadi | |
dc.date.accessioned | 2021-07-28T03:05:24Z | |
dc.date.available | 2021-07-28T03:05:24Z | |
dc.date.issued | 2010 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/38001 | |
dc.description.abstract | Noise in the town is mostly caused by the traffic of cars. It comes from the exhaust gas
pressure in the engine chamber. Engine revolution will cause the noise level rises or
increases. If revolution of the engine is high, the noise level outside from the silencer rises.
Silencer as equipment of reduction of the noise is generally made of metal such as mild
steel, aluminium, or aluminium alloys, the materials had been found not good in reducing
the noise, because they have low absorbtion coefficient. This research compares the
performance of three kinds of silencers. The first silencer made of mild steel, is called
standard silencer. The second silencer body is made from the composite material, but the
inner construction of the second silencer is the same with the first silencer. The body of the
third silencer is made of composite material.The third silencer is eqquiped with double
intake port. The research used petrolium 7K stationary engine. The engine setup of the
revolution of engine is 900 rpm,1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm. Meassurement
of the noise level uses a half ball method. Meassurement of the level noise is conducted by
SPL meter is plared 1 m from silencer. Results of the research show that standard silencer
generate the noise up to 27,98134 dB, composite silencer is 18,57912 dB and inner tubes
composite silencer is 13,95578 dB. It was found that the inner tubes composite silencer can
be able to reduce the noise 14,03 dB compared to standard silencer using engine
revolution of 900 rpm until 3000 rpm. The second silencer is be able to reduce the noise
up to 9.41 dB compared to standard silencer with the revolution engine of 900 rpm until
3000 rpm. Result of research shows that the inner tubes composite silencer is be able to
reduce noise up to 39,98 % compared to standard silencer. | en_US |
dc.description.abstract | Kebisingan di kota umumnya disebabkan suara kendaraan yang melintas di jalan raya.
Suara tersebut berasal dari tekanan gas buang dari hasil pembakaran di dalam ruang bakar
mesin. Variasi putaran mesin akan mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat kebisingan.
Semakin tinggi putaran mesin maka semakin tinggi suara kebisingan yang keluar dari
knalpot. Knalpot sebagai alat peredam bunyi yang umumnya terbuat dari bahan logam
seperti mild steel, aluminium dan bahan lainnya, kurang mampu menurunkan tingkat
kebisingan. Hal ini dikarenakan material tersebut mempunyai nilai koefisien serap bunyi
yang kecil. Riset ini bertujuan membandingkan 3 jenis knalpot. Knalpot pertama yakni
knalpot standar yang terbuat dari bahan mild steel, knalpot kedua yaitu knalpot komposit
saluran tunggal dan knalpot ketiga, yakni knalpot komposit saluran ganda. Ketiga knalpot
yang diriset tersebut mempunyai konstruksi dan isi di dalamnya sama dengan yang lain.
Mesin yang digunakan pada riset tersebut adalah mesin kijang bensin 7K yang
ditempatkan pada stand mesin (engine stand). Variasi putaran yang dilakukan pada mesin
900 rpm, 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm dan 3000 rpm. Pengukuran tingkat tekanan bunyi
dilakukan dengan jarak 1 meter dari tabung knalpot dengan metode setengah bola. Hasil
pengujian pada knalpot standar dengan putaran 900 rpm sampai 3000 rpm diperoleh nilai
tekanan bunyi rata-rata sebesar 27,98134 dB dan pada knalpot komposit saluran tunggal
tekanan bunyi rata-rata 18,57912 dB serta pada knalpot komposit saluran ganda tekanan
bunyi rata-rata 13,95578 dB. Dari penjelasan diatas bahwa pada knalpot komposit saluran
tunggal yakni mampu menurunkan tingkat tekanan bunyi rata-rata sebesar 9.41 dB, bila
dibandingkan dengan knalpot standar pada putaran 900 sampai 3000 rpm. Kemudian pada
knalpot komposit saluran ganda mampu menurunkan tingkat tekanan bunyi rata-rata
sebesar 14.03 dB, jika dibandingkan dengan knalpot standar pada putaran mesin 900
sampai 3000 rpm. Hasil riset menyimpulkan bahwa knalpot komposit saluran ganda dapat
menurunkan kebisingan sebesar 39,98 % dibanding dengan knalpot standar. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Variasi Putaran | en_US |
dc.subject | Knalpot Komposit Saluran Ganda | en_US |
dc.subject | Jarak Pengukuran | en_US |
dc.subject | Penurunan Kebisingan | en_US |
dc.title | Pengaruh Variasi Putaran Mesin terhadap Kebisingan (Noise) pada Knalpot Komposit yang Dilengkapi Saluran dalam Ganda pada Mobil Bensin Kijang 7K | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM057015009 | |
dc.description.pages | 115 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |