dc.description.abstract | Rumah Sakit sebagai suatu lembaga pelayanan yang kompleks. Dalam aktivitasnya sebqgai lembaga usaha yang juga berfungsi sosial, rumah sakit senantiasa dituntut memberi pelayanan yang bermutu (prima).
Salah satu bagian pelayanan yang dianggap penting dalam menjaga mutu di rumah sakit adalah pelayanan keperawatan. Pengetahuan merupakan hal yang mendasar bagi seorang perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan, perawat harus selalu berpedoman pada nilai-nilai etik keperawatan dan standar keperawatan, sehingga dalam pelaksanaannya memberi kepuasan pada pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat pengetahuan perawat terhadap standard operational of procedure (SOP) tindakan asuhan keperawatan di ruang rawat inap penyakit dalam BPK-RSUZA Banda Aceh.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey bersifat deskriptif, data primer didapat melalui pengisian kuesioner terhadap 22 orang perawat dan 34 orang pasien, sedang data sekunder dart data indikator pelayanan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perawat terhadap SOP tindakan asuhan keperawatan adalah 56,96 % yang berarti pengetahuan perawat terhadap SOP tindakan asuhan keperawatan dikatagorikan kurang, sedang persepsi pasien terhadap mutu asuhan keperawatan adalah 36 % yang berarti pelaksanaan tindakan asuhan keperawatan dikatagorikan kurang (tidak dilaksanakan sesuai standar)
Berdasarkan penelitian ini disarankan agar manajemen BPK-RSUZA perlu menerapkan pengawasan terhadap program menjaga mutu secara terus menerus melalui evaluasi terhadap proses pelayanan dan pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk pelatihan atau pendidikan. | en_US |