dc.contributor.advisor | Harahap, Hamdani | |
dc.contributor.author | Brahmana, Theo Pilus Pratama Sembiring | |
dc.date.accessioned | 2021-07-30T04:19:02Z | |
dc.date.available | 2021-07-30T04:19:02Z | |
dc.date.issued | 2021 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/38508 | |
dc.description | 154 Hal | en_US |
dc.description.abstract | Theo Pilus Pratama Sembiring Brahmana, 2021. Judul Skripsi : Ekonomi Kreatif Pada Fenomena Game Online (Studi Kasus Pada Komunitas Game Online Mobile Legends Bang-Bang Universitas Sumatera Utara).
Penelitian ini berjudul Ekonomi Kreatif Pada Fenomena Game Online yang bertujuan untuk mengetahui adanya suatu bentuk ekonomi kreatif yang terjadi pada fenomena game online. Pada dasarnya game online Mobile Legends dimainkan hanya untuk hiburan bagi sebagian orang, namun siapa sangka di era modernisasi game online Mobile Legends mampu membawa suatu perubahan yang dapat menghasilkan keuntungan bagi penikmatnya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan analisis data secara mendalam untuk mendapatkan data yang diinginkan. Informan merupakan yang aktif dalam bermain game online Mobile Legends Bang-Bang dan sudah memiliki penghasilan dari bermain game online tersebut.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam bermain game online Mobile Legends seorang individu mampu menambahkan pemasukan mereka dalam segi ekonomi yang membuat seorang individu itu dapat membeli barang-barang yang mereka inginkan dari hasil bermain game online Mobile Legends tersebut. Adapun berbagai bentuk kreativitas serta metode-metode penghasilan mampu menciptakan suatu ekonomi kreatif yang baru di era modernisasi ini. Melalui ekonomi kreatif tersebut mereka dapat menikmati hasil yang mereka dapatkan ketika bermain game online Mobile Legends Bang-Bang.
Dengan hasil penelitian ini, para gamer lebih mengembangkan kreativitas-kreativitas yang mereka miliki sehingga menghasilkan sesuatu yang baru dengan USU ESPORTS COMMUNITY menjadi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) resmi yang ada di Universitas Sumatera Utara. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Ekonomi Kreatif | en_US |
dc.subject | Modernisasi | en_US |
dc.subject | Game Online Mobile Legends Bang-Bang | en_US |
dc.title | Ekonomi Kreatif pada Fenomena Game Online (Studi Kasus Pada Komunitas Game Online Mobile Legends Bang-Bang Universitas Sumatera Utara) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM160905069 | |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |