dc.description.abstract | Bank Sumut Cabang Sibolga merupakan salah satu cabang yang cukup
berkembang dengan pesat, jumlah nasabah dan simpanan nasabah terus
meningkat. Produk tabungan sebagai salah satu produk Bank Sumut memberikan
fasilitas kepada nasabah berupa kartu ATM. Para nasabah penabung di Kantor
Cabang Sibolga masih sangat banyak yang tidak menggunakan ATM. Melalui
ATM, nasabah diharapkan dapat melakukan transaksi tanpa perlu datang dan
mengantri di bank, namun yang terjadi masih banyak nasabah melakukan berbagai
transaksi di bank, padahal transaksi tersebut dapat dilakukan melalui ATM.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh masing masing atribut produk terhadap keputusan penggunaan Kartu ATM di Bank
Sumut Cabang Sibolga serta menyusun strategi peningkatan penggunaan kartu
ATM di Bank Sumut Cabang Sibolga. Pada penelitian ini yang menjadi variabel
independen (X) adalah faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah yang terdiri dari
Kualitas Produk, Fitur Produk dan Gaya dan Desain Produk, sedangkan variabel
dependen (Y) adalah keputusan penggunaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan di Bank Sumut
Cabang Sibolga dan telah menggunakan kartu ATM. Hasil dari penyebaran 70
kuesioner diperoleh 63 kuesioner yang terisi benar dan lengkap yang disebar
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner sebagai data utama
disusun dengan menggunakan skala likert. Data yang dikumpulkan dianalisis
dengan Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil analisis data menunjukkan 45% Keputusan Penggunaan Kartu ATM
Bank Sumut dipengaruhi oleh variabel independen yang terdiri dari Kualitas
Produk, Fitur Produk serta Gaya dan Desain Produk. Variabel yang memberikan
pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian adalah Gaya dan Desain
Produk. | en_US |