dc.description.abstract | Salah satu pasar tradisional tertua di Kota Medan Pasar Pusat Pasar
mengalami permasalahan yakni masih terdapat ruang kosong dalam bentuk toko,
kios, stand/meja yang belum ditempati. Potensi ruang yang masih tersedia tidak
menarik minat para pedagang untuk membukanya. Jumlah ruang tempat berjualan
yang masih banyak tentunya menjadi beban bagi pengelola pasar. Minat pembeli
yang cenderung lebih suka berbelanja di pasar modern menjadi tantangan yang
tidak dapat dielakkan. Mengoptimalkan fungsi pasar tradisional merupakan
langkah yang harus dilakukan PD Pasar Kota Medan agar pasar tradisional yang
dikelola menarik minat pedagang dan pembeli.
Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal
yang mempengaruhi optimalisasi operasional Pasar Pusat Pasar Kota Medan, serta
menyusun rekomendasi strategi optimalisasi operasional di Pasar Pusat Pasar
Kota Medan. Data yang diperoleh berasal dari 7 (tujuh) pihak yang berkompeten
dengan perkembangan operasional pasar tradisional, data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan 4 (empat) alat analisis yakni IFE, EFE, IE dan
SWOT.
Strategi Penetrasi Pasar merupakan strategi yang tepat dalam
meningkatkan optimalisasi operasional pasar tradisional. Strategi ini mendorong
PD Pasar Kota Medan meningkatkan promosi secara agresif terhadap daya tarik
berjualan kepada pedagang. | en_US |