Penggunaan Sinonim Bahasa Indonesia Siswa Taman Kanak-Kanak Tkit Yaa Bunayya Kabupaten Aceh Tenggara Melalui Cerita Upin dan Ipin (Media Televisi): Kajian Psikolinguistik
View/ Open
Date
2013Author
Sari Ariga, Hijrah Purama
Advisor(s)
Gustianingsih
Nurlela
Metadata
Show full item recordAbstract
This study is aimed to find out the use of Indonesian synonym got from Upin and Ipin film on Television and to figure out the factor of watching Upin and Ipin film on Television towards the children language acquisition. The data source is collected from the utterances of the students of Taman Kanak-Kanak Tkit Yaa Bunayya Kabupaten Aceh Tenggara in acadmic year 2012-2013. The respondents are 24 students. The technique of collecting data are obseruation record interview, film watching, story-telling and note-comprehension. The data analysis uses descriptive-qualitative analysis. The data is analyzed to get the elements of noun synonym, verb synonym and adjective synonym by watching Upin and Ipin film on television and by story telling, the respondents are able to tell the story to their friends, teachers and mothers, it is concluded that the students of Taman Kanak-Kanak Tkit Yaa Bunayya can use the noun synonym, verb synonym and adjective synonym. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Sinonim Bahasa Indonesia anak diperoleh dari cerita Upin dan Ipin melalui media televisi dan mengetahui faktor menonton cerita Upin dan Ipin di media televisi terhadap pemerolehan bahasa pada anak. Sumber data penelitian ini diperoleh dari tuturan anak Taman Kanak-kanak Tkit Yaa Bunayya Kabupaten Aceh Tenggara Tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan bantuan observasi, rekaman, wawancara, menonton filem, bercerita dan simak catat. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data tersebut di analisis untuk mengetahui elemen-elemen sinonim kata benda, sinonim kata kerja, dan sinonim kata sifat melalui menonton cerita Upin dan ipin di televisi dan melalui bercerita anak mampu menceritakan tentang hal-hal yang diketahui anak kepada teman sebaya, anak dengan gurunya dan anak dengan ibunya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa Taman kanak-kanak mampu menggunakan sininonim kata benda, sinonim kata sifat dan sinonim kata kerja.