Show simple item record

dc.contributor.advisorSitompul, Opim Salim
dc.contributor.advisorNazaruddin
dc.contributor.authorHartawan, Edward
dc.date.accessioned2021-08-02T09:33:16Z
dc.date.available2021-08-02T09:33:16Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/38867
dc.description.abstractTeknologi informasi mempunyai pengaruh yang signifikan dalam kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Salah satu penerapannya adalah Internet. Perkembangan teknologi Internet ini diadopsi oleh industri perbankan untuk mengembangkan pelayanan. Perkembangan pelayanan yang dilakukan perbankan berbasis teknologi (electronic banking) dalam bentuk Internet Banking, mobile banking yang berbasis handphone (phone banking), penggunaan ATM (Automatic Teller Machine), Credit Card dan lain sebagainya telah menjadi keharusan bagi bank-bank di Indonesia untuk merebut pangsa pasar. Saat ini Internet Banking menjadi perhatian utama dan senjata yang revolusioner strategis operasional bank. Bank Central Asia (BCA) mengimplementasikan penggunaan Internet Banking pada layanan jasa perbankan di Indonesia pada tahun 2001 melalui situs https://www.klikbca.com/. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah bank dalam menggunakan Internet Banking dan apa strategi yang digunakan untuk meningkatkan minat nasabah dalam menggunakan Internet Banking. Metode pengumpulan data dilakukan dengan daftar pertanyaan (kuesioner) dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor manfaat, kemudahan penggunaan, resiko, fitur layanan, kepercayaan, website customization secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan dalam penggunaan Internet Banking. Nilai Koefisien Determinasi Adjusted R Square untuk kelompok nasabah yang telah menggunakan Internet Banking adalah 85,4% yang artinya variabel dependen Minat dalam menggunakan Internet Banking (Y) dapat dijelaskan oleh variabel independen Manfaat (X1), Kemudahan dalam menggunakan (X2), Resiko (X3), Fitur Layanan (X4), Kepercayaan (X5), dan Website Customization (X6), sedangkan sisanya 14,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Nilai Koefisien Determinasi Adjusted R Square untuk kelompok nasabah yang belum menggunakan Internet Banking adalah 83,2% yang artinya variabel dependen Minat dalam menggunakan Internet Banking (Y) dapat dijelaskan oleh variabel independen Manfaat (X1), Kemudahan dalam menggunakan (X2), Resiko (X3), Fitur Layanan (X4), Kepercayaan (X5), dan Website Customization (X6), sedangkan sisanya 16,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.en_US
dc.description.sponsorship130 Halamanen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectManfaaten_US
dc.subjectKemudahan Penggunaanen_US
dc.subjectResikoen_US
dc.subjectFitur Layananen_US
dc.subjectWebsite Customizationen_US
dc.subjectKepercayaanen_US
dc.subjectInternet Bankingen_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking dan Strategi Peningkatannya (Studi Kasus pada Bank Bca Kcu Diponegoro)en_US
dc.identifier.nimNIM087007081


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record