dc.description.abstract | Teknologi informasi mempunyai pengaruh yang signifikan dalam kehidupan banyak
orang di seluruh dunia. Salah satu penerapannya adalah Internet. Perkembangan
teknologi Internet ini diadopsi oleh industri perbankan untuk mengembangkan
pelayanan. Perkembangan pelayanan yang dilakukan perbankan berbasis teknologi
(electronic banking) dalam bentuk Internet Banking, mobile banking yang berbasis
handphone (phone banking), penggunaan ATM (Automatic Teller Machine), Credit
Card dan lain sebagainya telah menjadi keharusan bagi bank-bank di Indonesia
untuk merebut pangsa pasar. Saat ini Internet Banking menjadi perhatian utama
dan senjata yang revolusioner strategis operasional bank. Bank Central Asia
(BCA) mengimplementasikan penggunaan Internet Banking pada layanan jasa
perbankan di Indonesia pada tahun 2001 melalui situs https://www.klikbca.com/.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
minat nasabah bank dalam menggunakan Internet Banking dan apa strategi yang
digunakan untuk meningkatkan minat nasabah dalam menggunakan Internet
Banking. Metode pengumpulan data dilakukan dengan daftar pertanyaan (kuesioner)
dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear
berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor manfaat, kemudahan
penggunaan, resiko, fitur layanan, kepercayaan, website customization secara parsial
dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan dalam
penggunaan Internet Banking. Nilai Koefisien Determinasi Adjusted R Square untuk
kelompok nasabah yang telah menggunakan Internet Banking adalah 85,4% yang
artinya variabel dependen Minat dalam menggunakan Internet Banking (Y) dapat
dijelaskan oleh variabel independen Manfaat (X1), Kemudahan dalam menggunakan
(X2), Resiko (X3), Fitur Layanan (X4), Kepercayaan (X5), dan Website Customization
(X6), sedangkan sisanya 14,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak
diikutsertakan dalam penelitian ini. Nilai Koefisien Determinasi Adjusted R Square
untuk kelompok nasabah yang belum menggunakan Internet Banking adalah 83,2%
yang artinya variabel dependen Minat dalam menggunakan Internet Banking (Y)
dapat dijelaskan oleh variabel independen Manfaat (X1), Kemudahan dalam
menggunakan (X2), Resiko (X3), Fitur Layanan (X4), Kepercayaan (X5), dan Website
Customization (X6), sedangkan sisanya 16,8% dijelaskan oleh variabel lain yang
tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. | en_US |