Pemamfaatan Minyak Sereh Sebagai Zat Aditif pada Blending Bahan Bakar Solar dan Bio Diesel Untuk Penurunan Emisi Gas Buang pada Kenderaan Bermotor
View/ Open
Date
2013Author
Sebayang, Mariani
Advisor(s)
Ginting, Mimpin
Barus, Tonel
Metadata
Show full item recordAbstract
Research on the utilization of lemongrass oil ( oil sitronellal ) as additives blending diesel fuel with biodiesel to decrease emissions in motor vehicles has been carried out . This study aimed to compare the performance of diesel engines using bio- diesel fuel blend with additives to diesel and to obtain comparative exhaust emissions produced diesel engine fueled with diesel fuel additives for diesel . The research was carried out with a laboratory scale , as an object ( material ) in this study is the citronella oil . Treatment that isolates treated with lemongrass oil distillation Stalh and chemical components were analyzed by GC - MS . From the results of gas chromatography lemongrass oil found 15 types of compounds with the main matter content was 33.17 % Sitronellal . The blending with biodiesel fuel ( B20 ) and lemongrass oil additives performed at room temperature with a concentration of 0.1 % , 0.2 % , 0.3 % , and 0.4 % . From the results of blending fuel oil and lemongrass oil test characteristics include : density , viscosity , flash point , and moisture content as well as exhaust emissions consisting of CO , CO2 , HC , O2 and NOx . Assessment results for the characteristics of density , viscosity , flash point and water content meets the characteristics of diesel as a comparison and to meet specification limits solar . From the test results with the exhaust emission characteristics using Auto Gas Analyzer , on B20 biodiesel blending and lemongrass oils with concentrations of 0.4 % , obtained by reduction of CO2 gas by 6.18 %, 0.3% CO : O2
Keywords : lemongrass oil , additives , biodiesel , Biosolar , exhaust emissions . 0.45 % : HC at 5.36 ppm and NOx gases by 0.7 % . From the results of this study indicated that the addition of lemongrass oil additives on blending biodiesel is a fuel that is more environmentally friendly than without the use of aditif. Penelitian tentang pemamfaatan minyak sereh (sitronellal oil ) sebagai zat aditif pada blending bahan bakar solar dengan biodiesel untuk penurunan emisi gas buang pada kenderaan bermotor telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan performansi motor diesel yang menggunakan bahan bakar campuran bio solar dengan zat aditif terhadap solar dan untuk memperoleh perbandingan emisi gas buang yang dihasilkan motor diesel berbahan bakar solar dengan zat aditif terhadap solar. Penelitian ini dilakukan dengan skala laboratorium , sebagai objek (bahan ) dalam penelitian ini adalah minyak sereh wangi. Perlakuan yang diperlakukan yaitu mengisolasi minyak sereh dengan destilasi Stalh dan dianalisis komponen kimianya dengan GC-MS. Dari hasil kromatografi gas minyak sereh ditemukan 15 jenis senyawa dengan kandungan senyawa utama adalah Sitronellal 33,17 %. Pemblendingan dengan bahan bakar biosolar ( B20 ) dan bahan aditif minyak sereh dilakukan pada suhu kamar dengan konsentrasi 0,1% , 0,2% , 0,3% , dan 0,4% . Dari hasil blending bahan bakar dan minyak sereh dilakukan uji karakteristik yang meliputi : densitas , viskositas , titik nyala , dan kadar air serta emisi gas buang yang terdiri dari CO , CO2 , HC, O2 dan NOX . Hasil karateristik untuk penilaian densitas , viskositas , titik nyala dan kadar air memenuhi karakteristik dari solar sebagai pembanding dan memenuhi batas spesifikasi solar. Dari hasil uji karakteristik emisi gas buang dengan menggunakan Auto Gas Analyzer , pada blending biosolar B20 dan minyak sereh dengan konsentrasi 0,4% , diperoleh penurunan dari gas CO2 sebesar 6,18% ; CO sebesar 0,3% : O2 sebesar 0,45% : HC sebesar 5,36 ppm dan gas NOx
Kata kunci : Minyak sereh , Zat aditif , Biodisel , Biosolar , Emisi gas buang. sebesar 0,7 % . Dari hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa penambahan zat aditif minyak sereh pada blending biosolar merupakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dibandingkan tanpa menggunakan bahan aditif.
Collections
- Master Theses [381]