dc.contributor.advisor | silitonga, Mangasa | |
dc.contributor.advisor | Siregar, Bahren Umar | |
dc.contributor.advisor | Saragih, Amrin | |
dc.contributor.author | Daulay, Sholihatul Hamidah | |
dc.date.accessioned | 2021-08-18T02:16:54Z | |
dc.date.available | 2021-08-18T02:16:54Z | |
dc.date.issued | 2002 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/40264 | |
dc.description.abstract | The objective of this research is to describe kinds and functions of utterances in English picture books for children, to find out the dominant kinds and functions of utterances and to elaborate the causes of the dominant utterances in English picture books for children. The method used in this research is descriptive and quantitative methods, by indentifying and observing utterances one by one in the English picture book texts for children and convert the occurrencies into the percentages from collected data in the table that included spread of utterances, modus of utterances, kind of utterances, and function of utterances in each picture books. The findings indicate that there are 1866 utterances of the English picture books for children. The utterances used divide into direct literal utterances and direct nbnliteral utterances. The utterances used are in constative and performative functions. The dominant utterances are direct literal utterances (97,32%) and for function of utterances are constative function (96,30%). The use of direct literal utterances is dominant because children as the readers need not to interpret the utterances meaning with anything, and caused by limited thinking ability. The use of constative function is more dominant in all books are presented through third person perspective. The third person is dominantly used because the narrator mainly play dominant functions in narrating the stories. | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi tuturan yang terdapat pada cerita bergambar bahasa Inggris untuk anak-anak, menemukan jenis dan fungsi tuturan yang dominan, serta mencari penyebab munculnya tuturan tertentu yang lebih dominan tersebut pada cerita bergambar bahasa Inggris untuk anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kuantitatif, dengan cara mengidentifikasi dan mengamati tuturan demi tuturan yang terdapat pada teks cerita bergambar bahasa Inggris untuk anak-anak serta membuat persentase dari data yang terkumpul pada tabel yang memuat kolom sebaran tuturan, modus tuturan, jenis tuturan dan fungsi tuturan pada setiap cerita bergambar tersebut. Dari hasil analisis data dan pembahasan ditemukan bahwa ada 1866 tuturan pada kesepuluh cerita bergambar bahasa Inggris untuk anak-anak. Jenis tuturan yang digunakan adalah jenis tuturan langsung literal dan tuturan langsung tidak literal. Pada fungsi tuturan yang digunakan adalah fungsi konstatif dan fungsi performatif. Pada cerita bergambar bahasa Inggris ini, jenis tuturan yang paling dominan adalah tuturan langsung literal (97,32%) sedangkan untuk fungsi tuturan adalah fungsi konstatif (96,30%). Penggunaan jenis tuturan langsung literal lebih mendominasi karena anak-anak sebagai pembaca tidak perlu lagi menginterpretasikan makna tuturan dengan sesuatu yang berada dibalik tuturan, selain itu juga disebabkan kemampuan berrialarnya yang masih sangat terbatas. Sedangkan penggunaan fungsi konstatif lebih banyak karena semua cerita disajikan dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga. Pemakaian kata ganti orang ketiga tersebut disebabkan karena naratorlah yang menggerakkan atau memainkan semua peran para tokoh/pelaku. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | fungsi tuturan | en_US |
dc.subject | pragmatik | en_US |
dc.title | Jenis dan fungsi tuturan pada. cerita bergambar bahasa inggris untuk anak-anak : suatu kajian pragmatik | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM002109029 | |
dc.description.pages | 125 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |