Analisis Kesalahan Bahasa Indonesia Tulis Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Methodist III Medan
View/ Open
Date
2002Author
Saragih, Eliza Leyli Lisnora
Advisor(s)
silitonga, Mangasa
Ridwan, T. Amin
Naibaho, Jawasi
Metadata
Show full item recordAbstract
This study deals with errors in written Indonesian made by the students of Junior High School Methodist III Medan. Most of the students are Chinesse (Tionghoa) in original mother language is Hokkien. Specifically, the study describes types of errors made and investigates causes of the errors. The data were collected from the subjects and were analyzed by errors analysis procedures as proposed by Ellis (1984) and Tarigan (1995). The findings indicate that errors made by the students cover morphological, syntactical and lexical aspects. It is found that the dominant errors are lexical item. Morphological and syntactic errors follow the lexical errors. The finding also indicates that causes of the errors are interference intralingua, incomplete application rules, student’s carelessness and lack of vocabulary. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan kesalahan bahasa Indonesia tulis yang dilakukan oleh siswa SLTP Methodist III Medan. Mayoritas siswa di sekolah ini bersuku Cina (Tionghoa) dengan bahasa ibu bahasa Hokkien. Secara rinci penelitian ini mendeskripsikan jenis kesalahan yang dibuat oleh siswa dan mengamati penyebab kesalahan. Data diambil dari siswa dan dianalisis dengan menggunakan prosedur analisis kesalahan yang dikemukakan oleh Ellis (1984) dan Tarigan (1995). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dibuat oleh siswa meliputi kesalahan morfologi, sintaksis dan leksikal. Ditemukan bahwa kesalahan yang dominan adalah kesalahan leksikal. Kesalahan morfologis dan sintaksis merupakan jenis kesalahan dalam urutan berikutnya. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa penyebab kesalahan adalah pengaruh bahasa ibu, pengaruh intrabahasa , penggunaan kaidah yang tidak sempurna, kelalaian dalam penggunaan tatabahasa dan kurangnya kosa kata yang dimiliki oleh siswa.