• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Cultural Sciences
    • Department of Japanese Literature
    • Diploma Papers
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Cultural Sciences
    • Department of Japanese Literature
    • Diploma Papers
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Prinsip Pelaksanaan Pendidikan setelah Restorasi Meiji

    Meijiishin Go No Kyouiku No Jisshi Genshoku

    View/Open
    Full text (830.5Kb)
    Date
    2017
    Author
    Tarigan, Nindya Arintika
    Advisor(s)
    Kusdiyana, Eman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kertas karya ini membahas tentang Prinsip Pelaksanaan Pendidikan Setelah Restorasi Meiji dengan tujuan untuk mendeskripsikan pendidikan di Jepang setelah Restorasi Meiji. Dalam penulisan kertas karya ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu, penulis menjelaskan secara singkat tentang bagaimana sejarah Pendidikan di Jepang setelah Restorasi Meiji. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu teknik kepustakaan. Hasil penulisan ini dapat disimpulkan bahwa, sebelum Restorasi Meiji, Jepang selama 200 tahun adalah negara yang lemah, kuno, miskin, serta menutup diri dari luar. Sebelum era Restorasi Meiji, pendidikan di Jepang menganut sistem masyarakat feodal. Pendidikan di pisahkan untuk golongan samurai, petani, tukang, pedagang, serta rakyat jelata. Setelah restorasi meiji, perubahan besar-besaran terjadi dalam dunia pendidikan. Berbagai terobosan membuahkan hasil yang sangat menakjubkan. Hanya dalam tempo 50 tahun, Jepang sudah menjadi negara yang modern. Kualitas pendidikan di Jepang tidak perlu di pertanyakan lagi, jika melihat berhasilnya Jepang untuk menghasikan sumber daya manusia yang berkualitas. Banyak negara terkagum-kagum dengan pendidikan di Jepang karena mereka memiliki beberapa ciri khas sistem pendidikan yang sangat bagus sekali, misalnya, mengajarkan sikap yang baik sebelum ilmu pengetahuan.kurikulum di Jepang percaya bahwa tujuan utama sekolah bukanlah nilai akademis yang bagus, mereka lebih mementingkan sikap yang baik. Sebenarnya, tidak smua masyarakat Jepang suka membaca. Karenanya, Jepang menerapkan siasat agar semua lapisan masyarakat, khususnya kaum muda dan para siswa mempunyai minat baca yang tinggi. Salah satu cara yang di tempuh ialah memodifikasi buku pembelajaran, seperti biologi, sejarah, geografi, fisika, dan lain sebaginya menjadi benuk komik. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Jepang adalah negara dengan bangsa yang mempunyai kedisiplinan yang tinggi. Orang jepang memadukan kedisiplinan dengan kerja keras. Bahkan mereka rela bekerja siang dan malam serta tidak pulang kerumah selama masih kuat bekerja. Bahkan, kedisiplinan ini sudah ditanamkan sejak dini di bangku sekolah. Menurut hasil penelitian internasional, bukan hanya prestasi terbaik di dunia yang di dapatkan tetapi juga perilaku disiplin sangat tinggi. Para murid di Jepang memang sangat unggul dalam persoalan disiplin. Sementara itu, guru di Jepang tidak hanya berupaya membentuk agar anak didiknya berdisiplin, tetapi juga memberikan contoh yang sangat baik dalam kedisiplinan. Di Jepang pelajaran yang di terapkan bersifat konstektual yang artinya suatu proses belajar yang di lakukan secara holistik dengan tujuan membangkitkan motivasi murid untuk memahami makna materi pelajaran yang di pelajarinya.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/4055
    Collections
    • Diploma Papers [164]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV