dc.contributor.advisor | Siagian, Albiner | |
dc.contributor.advisor | Nasution, Ernawati | |
dc.contributor.author | Koka, Ecia Meilonna | |
dc.date.accessioned | 2021-08-20T03:21:05Z | |
dc.date.available | 2021-08-20T03:21:05Z | |
dc.date.issued | 2014 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/40740 | |
dc.description.abstract | The high rate of marriage in young age accompanied by a lack of knowledge about parenting is one of the triggers of nutrition problems. Teenagers are the future parents. Therefore, education about nutrition in the First 1000Days of Life(F-1000DL) need to be given to them as a first step to prevent the nutrition problems. This study aims to determine the influence of nutrition education in F-1000 DL on students’ knowledge and attitudes.
This research was quasy experimental with one group pre-test and post-test design. The populationin this study was all students ofSMANegeri1Secanggang. Sampling was done by purposive sampling method. Samples consisted of 102 tenth-grade students. Nutrition education class conducted four times within two weeks by using lectures and discussions methods. This research wasusingvisual media(slides) andaudiovisual(video). The influenceof nutritioneducation on students’knowledge and attitudewas analyzedbyPairedsample t-test (α=0,05).
The results showed that, beforenutrition education, only 3,9% students had goodknowledge and 19,6% students had favorable attitudes. Afternutritioneducation, there was 64,7% students had good knowledge and 78,4% students had favorable attitudes. There were significant differences between students' knowledge and attitudes after given nutrition education in F-1000DL (p <0,05).
Based on the result, it was concluded that nutrition education in F-1000 DL could improve students’ knowledge and attitude. It is recommendedthat HealthDepartment, in collaboration withEducation Departmentto insertthe material about nutrition of F-1000DLin the curriculumor learningin senior high school.Health Center is recommended to implement SchoolHealth Program(SHP) topromote the nutrition of F-1000DL in Senior High Schoolby usinglecturesanddiscussions methods withvisual media(slides) andaudio-visual (video). Also, school, should implementnutrition educationto the studentsby activating various extracurricular related to nutrition and health. | en_US |
dc.description.abstract | Tingginya angka pernikahan pada usia remaja yang disertai dengan rendahnya pengetahuan tentang pola asuh merupakan salah satu pemicu terjadinya masalah gizi. Remaja merupakan orang tua masa depan. Oleh sebab itu, pendidikan gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) perlu diberikan kepada mereka sebagai langkah awal dalam penanggulangan masalah gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi 1000 HPK terhadap pengetahuan dan sikap gizi siswa.
Jenis penelitian adalah quasy experimental dengan desain one group pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Secanggang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel terdiri atas 102 siswa kelas X (sepuluh). Pendidikan gizi di bagi menjadi empat pertemuan dalam waktu dua minggu dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Media yang digunakan adalah media visual (slide) dan audiovisual (video). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikapsiswa dianalisis dengan uji Paired sample t-test (α=0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pendidikan gizi, hanya 3,9% siswa yang memiliki pengetahuan baik dan 19,6% siswa yang bersikap mendukung. Setelah pendidikan gizi, terdapat 64,7% siswa yang memiliki pengetahuan baik dan 78,4% siswa yang bersikap mendukung. Ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap siswa setelah diberikan pendidikan gizi 1000 HPK (p <0,05).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pendidikan gizi 1000 HPK dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap gizi siswa. Disarankan kepada Dinas Kesehatan bekerjasamadengan Dinas Pendidikan agar materi gizi 1000 HPK dapat disisipkan dalam kurikulum atau pembelajaran di tingkat SMA.Puskesmas dianjurkan untuk menerapkan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang terjadwal untuk mempromosikan gizi 1000 HPK di SMAyang dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi disertai dengan penggunaan media visual (slide) dan media audiovisual (video). Juga, pihak sekolah diharapkan dapat menerapkan pendidikan gizi kepada siswa dengan mengaktifkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan gizi dan kesehatan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Pendidikan Gizi | en_US |
dc.subject | 1000 Hari Pertama Kehidupan | en_US |
dc.subject | Perilaku Siswa | en_US |
dc.title | Pengaruh Pendidikan Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa SMA Negeri 1 Secanggang Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat Tahun 2014 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM127032138 | |
dc.description.pages | 135 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |