Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk bidang Pariwisata di Akademi Pariwisata Medan
View/ Open
Date
2009Author
Darmawan, Rahmat
Advisor(s)
Sinar, T. Silvana
Sibarani, Robert
Metadata
Show full item recordAbstract
This thesis is much focused on the problem of the observation toward the learning of
bahasa Indonesia for Specific Purposes. More specific, it is intended to explore on
the usage of Indonesian language for Tourism (Bahasa Indonesia untuk Bidang
Pariwisata – BIPar) especially Indonesian language for Rooms Division
Management at hotel indutries which covers language at front office and
housekeeping department. Data collected is based on dialogues by students in-charge
at simulation counter in Nirwana Hotel Akademi Pariwisata Medan when serving
customers. The objectives of this thesis are among other is to describe the
communicative syllabus design basing on the concepts of learning English for
Specific Purposes (ESP) and also to find out the language functions and language
variety as the materials to design a model of learning BIPar. The main theoritical
framework to work on this observation is concepts of learning ESP. Besides, the
theory of syllabus design, pragmatics and effective communication are also applied.
Observation results show that in the learning process of BIPar needs a learning
model in the form of a communicative syllabus by using functional and situational
syllabus. This is going to be the starting point of learning Indonesian language as
Indonesian for Specific Purposes (ISP). Furthermore, the language variety applied in
the topics of materials learning of BIPar is non-standard since it is more
communicative than if words or expressions translated into Indonesian language
(standard). To remind us that it is a learning of language for specific purposes so that
the words or terminology used should not be translated into Indonesian language. Tesis ini terfokus kepada masalah penelitian pembelajaran bahasa Indonesia untuk
bidang khusus, yang mengerucut kepada penggunaan bahasa Indonesia untuk Bidang
Pariwisata (BIPar) khususnya di bagian Divisi Kamar hotel (rooms division) meliputi
ruang lingkup kerja di kantor depan (front office) dan tata graha (housekeeping). Data
penelitian merupakan dialog-dialog mahasiswa Akademi Pariwisata Medan sewaktu
mengadakan simulasi praktek melayani tamu di kantor depan dan bagian tata graha
pada Hotel Nirwana Akpar Medan. Tujuan tesis ini adalah untuk mendeskripsikan
strategi penyusunan silabus yang komunikatif dan mendasarkan kepada konsep
pembelajaran English for Specific Purposes (ESP) dan mengetahui fungsi dan ragam
bahasa yang digunakan dalam menyusun silabus beserta materi pokok bahasan dalam
suatu kerangka model pembelajaran BIPar. Kerangka teori utama yang dipakai adalah
teori pembelajaran ESP, teori penyusunan silabus, teori pragmatika dan komunikasi
efektif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam pembelajaran BIPar
diperlukan suatu model pembelajaran yang berbentuk silabus yang komunikatif
dengan pendekatan jenis silabus fungsi dan silabus situasi. Hal ini merupakan titik
tolak dalam konsep pembelajaran bahasa Indonesia untuk bidang khusus (Indonesian
for Specific Purposes – ISP). Selanjutnya ragam bahasa yang diaplikasikan adalah
ragam bahasa tidak standar karena ternyata jenis ragam bahasa ini jauh lebih
komunikatif ketimbang ragam bahasa baku (standar) mengingat bahwa ini adalah
pembelajaran bahasa untuk bidang khusus sehingga penggunaan jargon/istilah khusus
tidak harus diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.