dc.contributor.advisor | Tarigan, Ukurta | |
dc.contributor.advisor | Sinuligga, Sukaria | |
dc.contributor.author | Mahdi | |
dc.date.accessioned | 2021-08-23T13:31:16Z | |
dc.date.available | 2021-08-23T13:31:16Z | |
dc.date.issued | 2013 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/41077 | |
dc.description.abstract | PT Lafarge Cement Indonesia (LCI) or PT Semen Andalas Indonesia, Lhoknga, has produced 1,78 milionns/ton a year in 2012. It has 19 distributors bag and 4 packing warehouse placed in Lhoknga, Belawan, Batam and Lhokseumawe. Distribution of bag cement in lhoknga hasnot reached the maximum process, idle capacity of the machine reach 30%/mont.
The research purpose is to maximize or minimize the distribution of the target relisasi Idle capacity on the distribution of bags of cement in the cement bagging terminal unit PT. Lafarge Cement Indonesia Lhoknga Banda Aceh.
Based on the research results of idle capacity due to several things including, quota systems, less well-planned scheduling, inconsistent distributors take the appropriate amount of cement per day quota that has been allocated, and the determination of working days to 30 working days to reach the number of hours worked two shifts.
Based on the simulation results showed that to distribute the maximum sales target is 32 500 tons per month, with the first scenario is 28 working days, with the amount of quota as 1160.7 tons per day, the time can be spent 6.54 hours, the time it takes one shift. The second scenario work with the number 26 as much as 1250 tons per day quota can be spent with a time of 8.022 hours, the time it takes one shift. The third scenario with a quota of 22 working as much as 1477.27 tons per day, the time can be spent 9.45 hours, the time it takes 2 shifts. Cement Ugha RF 68 simulation program can calculate the actual time needed to spend a day quota. | en_US |
dc.description.abstract | PT. Lafarge Cement Indonesia (LCI) atau juga dikenal sebagai PT. Semen Andalas Indonesia, Lhoknga, telah menghasilkan produk Semen Andalas mereka hingga mencapai 1,78 juta ton pertahun 2012. PT. Lafarge Cement Indonesia (LCI) memiliki 19 distributor semen bag (kantong), dan memiliki 4 terminal pengantongan yaitu Lhoknga, Belawan, Batam dan Lhokseumawe. Pada distribusi semen kantong pada terminal pengantongan Lhoknga belum maksimal karena masih terjadi idle capacity rata-rata mencapai 30%/bulan dari target penjualan.
Tujuan Penelitian untuk memaksimalkan target relisasi ditribusi atau meminimalkan ilde capacity pada pendistribusian semen kantong di unit terminal pengantongan semen PT. Lafarge Cement Indonesia Lhoknga Banda Aceh.
Berdasarkan hasil penelitian idle capacity disebabkan beberapa hal diantaranya, sistem kuota, penjadwalan kurang terencana dengan baik, distributor tidak konsisten mengambil semen sesuai jumlah kouta perhari yang telah dialokasikan, dan penentuan hari kerja sampai 30 hari kerja dengan jumlah jam kerja mencapai dua shift.
Berdasarkan hasil simulasi didapatkan bahwa untuk mendistribusikan target penjualan paling maksimal yaitu 32500 ton perbulan, dengan skenario pertama yaitu 28 hari kerja, dengan jumlah kuota perhari sebanyak 1160.7 ton, bisa dihabiskan dengan waktu 6.54 jam, waktu yang dibutuhkan 1 shift. Skenario kedua 26 kerja dengan jumlah kuota perhari sebanyak 1250 ton bisa dihabiskan dengan waktu 8.022 jam, waktu yang dibutuhkan 1 shift . Skenario ketiga 22 kerja dengan kuota perhari sebanyak 1477,27 ton, bisa dihabiskan dengan waktu 9.45 jam, waktu yang dibutuhkan 2 shift. dengan program simulasi Ugha Cement RF 68 dapat menghitung waktu aktual yang dibutuhkan untuk menghabiskan kouta perhari. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Penjadwalan | en_US |
dc.subject | ldle capacity | en_US |
dc.subject | Kuota | en_US |
dc.subject | Simulasi | en_US |
dc.title | Penjadwalan Truk Untuk Memaksimalkan Target Realisasi Distribusi Semen Kantong di Unit Terminal Pengantongan Semen PT Semen Andalas Indonesia Lhoknga Banda Aceh | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM107025001 | |
dc.description.pages | 131 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |