Analisis dan Rekayasa Supplier Relationship Management System pada CV. Softcom Medan
View/ Open
Date
2011Author
Sukiman
Advisor(s)
Sinulingga, Sukaria
Nazaruddin
Metadata
Show full item recordAbstract
CV. SOFTCOM is a business entity engages in the computer sales and repair
services. At the beginning of its establishment, the company did not see the
importance of specialized brand in selling its product. The background of this study
was the phenomenon in which many suppliers and different brands of the products
found in the market that the company found it difficult to serve its
customers claiming the damage of the sold products, the time of product delivered by
the suppliers was frequently delayed, and the need for the accuracy of the number of
product delivered. Therefore, it is necessary for the company to select the supplier.
The use of engineering technique Supplier Relationship Management System
can assist CV. SOFTCOM in selecting the best supplier and hardware with specific
brand to sell. This Supplier Relationship Management System engineering can be
done by using Analytical Hierarchy Process method. This AHP method can be used
to determine supplier selection priority based on the criteria made to determine the
quality and qualification of each supplier such as price, product quality, accurate
number of product, time of delivery, customer care, and brand image. Based on the
result of the analysis using AHP method, a supplier-determining model will be
designed to assist CV. SOFTCOM in selecting and determining the best supplier CV. SOFTCOM merupakan suatu badan usaha yang bergerak di bidang
penjualan dan jasa perbaikan komputer. Pada awal berdirinya perusahaan belum
memandang perlunya spesialisasi merek dalam penjualan produk hardware
perusahaan. Fenomena yang melatarbelakangi perlunya diadakan penelitian antara
lain banyaknya supplier dan merek dari produk yang ada sehingga menyulitkan
pihak perusahaan dalam melayani customer bila terjadi klaim kerusakan barang yang
dijual, waktu pengiriman barang dari supplier sering mengalami keterlambatan dan
perlunya ketepatan jumlah pengiriman. Hal ini menjadi alasan perlunya bagi
perusahaan untuk melakukan pemilihan supplier.
Pemakaian teknik rekayasa Supplier Relationship Management System dapat
membantu pihak CV. SOFTCOM dalam pemilihan supplier terbaik dan merek
hardware tertentu yang akan dijual. Rekayasa Supplier Relationship Management
System ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy
Process (AHP). Metode AHP ini dapat digunakan untuk menentukan prioritas
pemilihan supplier dengan menggunakan banyak kriteria untuk menentukan bobot
dari masing-masing supplier. Kriteria yang digunakan adalah harga, kualitas,
ketepatan jumlah, waktu pengiriman, customer care, dan brand image. Berdasarkan
hasil analisis dengan metode AHP ini akan dirancang suatu model penentuan supplier
terbaik yang dapat membantu CV. SOFTCOM dalam hal penentuan supplier.
Collections
- Master Theses [177]