Show simple item record

dc.contributor.advisorTamrin
dc.contributor.advisorEddiyanto
dc.contributor.authorRitonga, Ahmad Hafizullah
dc.date.accessioned2021-08-26T05:39:03Z
dc.date.available2021-08-26T05:39:03Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/41378
dc.description.abstractThe aims of this research is to utilise ground rubber, post consumer polystyrene as additives in modified asphalt polymers. Asphalt polymer was prepared by mixing ground rubber, post cunsumer polystyrene, sand aggregate, DCP, DVB, and processing in a extruder which temperature were fixed at 170 oC. The result of characterization showed that the most optimum variation of the asphalt mix ground rubber and post consumer polystyrene (5:35), which for mechanical testing, compressive strength of 2,92 MPa, but this not met SNI 08-1991-03 (compressive strength of 15-40 MPa). For the testing of physical properties, water asorption 0,23% and has met SNI 03-1969-1990 (maximum water absorption of 3%), thermal properties didn’t show better results, in which the resulting decomposition temperature of 500 oC, and morphological analysis by SEM showed changes in the structure of asphalt mixtures. FTIR spectra showed that the crosslinking occurs through the hydroxyl group of asphalt with polystyrene, ground rubber, and DVB through radical reactions initiated by the peroxide DCPen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan karet ban bekas dan polistirena bekas sebagai bahan aditif dalam pembuatan aspal polimer. Aspal polimer dibuat dengan cara mencampurkan karet ban bekas, polistirena bekas, agregat pasir, DCP, DVB, dan di proses dalam ekstruder pada suhu 170 oC. Hasil karakterisasi menunjukkan bahwa yang paling optimum yaitu pada campuran aspal variasi karet ban bekas dan polistirena bekas (5:35), dimana untuk pengujian mekanis, kuat tekan yang dihasilkan sebesar 2,92 MPa akan tetapi hal ini belum memenuhi SNI 08-1991-03 (kuat tekan 15-40 MPa). Untuk pengujian sifat fisis, penyerapan air yang dihasilkan sebesar 0,23% dan telah memenuhi SNI-03-1969-1990 (maksimum penyerapan air sebesar 3%), sifat termal tidak menunjukkan hasil yang lebih baik dimana dihasilkan suhu dekomposisi 500 oC, analisis morfologi dengan SEM memperlihatkan adanya perubahan struktur dari campuran aspal. Spektrum FTIR menunjukkan adanya ikatan silang yang terjadi melalui gugus hidroksil dari aspal dengan polistirena, karet ban, dan DVB melalui reaksi radikal yang diinisiasi oleh adanya peroksida DCP.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKaret Banen_US
dc.subjectPolistirenaen_US
dc.subjectAspalen_US
dc.subjectAgregaten_US
dc.subjectDCPen_US
dc.subjectDVBen_US
dc.titlePemanfaatan Karet Ban Bekas (Ground Rubber) dan Polistirena Bekas sebagai Bahan Aditif dalam Pembuatan Aspal Polimeren_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM097006001
dc.description.pages90 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record