dc.contributor.advisor | Zahreni, Siti | |
dc.contributor.advisor | Nauly, Meutia | |
dc.contributor.author | Azni, Sri | |
dc.date.accessioned | 2021-08-27T16:00:29Z | |
dc.date.available | 2021-08-27T16:00:29Z | |
dc.date.issued | 2014 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/41495 | |
dc.description.abstract | Organizational commitment is a situation where the individual are in favor
of the organization and its objectives as well as the intention of maintaining
membership in an organization. Characteristics of organizational commitment by
Mowday, Porter and Steers (in Allen and Meyer, 1977), namely: 1. Accepting the
values and goals of the organization, 2. Having the desire to do for the
organization, 3. Having a strong desire to remain with the organization. SDIT X
experienced teacher turnover every years, and there are the class teacher turnover
intention and an indication of their lack of acceptance of the values and goals of
the school. These are a part of the organization's commitment problems. This
study aims to reveal the picture of the organization's level of commitment
tendency of class teachers in SDIT X using qualitative research methods with case
studies in 4 participants, and using NVivo10 program as a tool in data processing.
The results showed that one participant showed a trend toward moderatelevel
organizational commitment, while the three other participants showed a
trend toward lower levels of organizational commitment. Additional results shows
that the two participants who showed lower levels of organizational commitment,
also shows the characteristics of the coninuance commitments components related
to their desire to turn out of the organization. Another results is a suggest that the
commitment of the profession as a teacher influence their organization's
commitment to the school. | en_US |
dc.description.abstract | Komitmen organisasi adalah keadaan dimana individu memihak pada
organisasi dan tujuan-tujuannya serta berniat memelihara keanggotaannya dalam
organisasi. Ciri komitmen organisasi menurut Mowday, Porter dan Steers (dalam
Allen dan Meyer, 1977) yaitu : 1. Menerima nilai-nilai dan tujuan organisasi, 2.
Mempunyai keinginan berbuat untuk organisasinya, 3. Mempunyai keinginan
yang kuat untuk tetap bersama dengan organisasinya. SDIT X mengalami
turnover guru setiap tahun serta pada guru kelasnya terdapat indikasi intensi
turnover dan kurangnya penerimaan mereka terhadap nilai dan tujuan sekolah.
Permasalahan tersebut merupakan bagian dari permasalahan komitmen organisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran kecenderungan tingkatan
komitmen organisasi pada guru kelas SDIT X menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan teknik studi kasus pada 4 orang partisipan, serta menggunakan
program NVivo10 sebagai alat bantu dalam pengolahan data.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa satu partisipan menunjukkan
kecenderungan komitmen organisasi tingkat menengah, sedangkan tiga partisipan
lainnya menunjukkan kecenderungan komitmen organisasi tingkat rendah. Hasil
penelitian tambahan memperlihatkan bahwa dua partisipan yang menunjukkan
komitmen organisasi tingkat rendah, juga menunjukkan ciri dari komponen
komitmen kontinuen terkait dengan keinginan mereka untuk keluar dari
organisasi. Ada pula bukti yang menunjukkan bahwa komitmen profesi sebagai
guru ikut mempengaruhi komitmen organisasi mereka terhadap sekolah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | komitmen organisasi | en_US |
dc.subject | guru | en_US |
dc.subject | kualitatif | en_US |
dc.subject | ciri komitmen organisasi | en_US |
dc.title | Komitmen Organisasi pada Guru Kelas Sdit X | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM117029008 | |
dc.description.pages | 138 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |