Analisis Pengaruh Modal Sosial terhadap Peningkatan Nilai Tambah Produk UMKM dan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Langkat
View/ Open
Date
2013Author
Harumy, T. Henny Febriana
Advisor(s)
Afifuddin, Sya’ad
Rujiman
Metadata
Show full item recordAbstract
This thesis examines the influence of social capital for SMEs and value-added
products using the approaches Welfare Structural Equation Model (SEM) pliers
consist of factor analysis (factor analysis), path analysis (path analysis) and
regression (Regression). This study extend the concept of the framework include
Full structural models because there are latent variables and intervening variables.
Variable data processing using a program that is 18 amos multivariate analysis
with many variables.The data used is the Primary with a total sample of 130
SMEs with research location was done in 23 districts in Langkat. Object of this
study is the perpetrator of SMEs that produce value added products such as Tofu
and Tempe, Nata de coco, Dodoo and others - others. This study is a causal
relationship (Causal Effect), where a study of the facts to demonstrate empirically
the effect of social capital, the Value Added Products SMEs as well as
intervening, then the influence of Value Added Products as varaibel both
endogenous and prove that social capital Value Added Product affect SMEs and
Welfare influence either directly or indirectly in Langkat.Research shows that
social capital affects the value of SMEs with value-added product loading factor is
61% (0615) 0:05 α Value Added significant positive effect on the welfare of the
community with the value of 1,129 social capital affects the welfare of the
community with the value of loading factor is 45% (0452 ) and Social Capital
affect the well-being of society through value-added products to the value of
SMEs (0158) effect is the highest value on the welfare of society Tesis ini mengkaji mengenai Pengaruh Modal sosial terhadap Nilai
tambah Produk UMKM dan Kesejahteraan Masyarakat dengan menggunakan
pendekatan Model Persamaan Struktural (SEM) tang terdiri dari analisis Faktor
(factor analysis), analisis jalur (Path analysis) dan Regresi (Regression).
Penelitian ini dilihat dari kerangka konsepnya termasuk Full model structural
karena terdapat variabel laten dan variabel intervening. Pengolahan data variabel
menggunakan Program amos 18 yang merupakan analisis multivariate dengan
banyak variabel. Data yang digunakan adalah data Primer dengan jumlah sampel
sebanyak 130 UMKM dengan Lokasi penelitian di lakukan di 23 kecamatan di
Kabupaten Langkat. Objek penelitian ini adalah Pelaku UMKM yang
memproduksi produk yang bernilai tambah seperti Tahu dan Tempe, Nata de
coco, Dodol dan lain-lain. Penelitian ini merupakan hubungan kausal (Causal
Effect), dimana penelitian yang dilakukan terhadap fakta-fakta untuk
membuktikan secara empiris pengaruh Modal sosial, terhadap Nilai Tambah
Produk UMKM sekaligus sebagai intervening, kemudian pengaruh Nilai Tambah
Produk sebagai varaibel endogen yang kedua serta membuktikan bahwasanya
Modal sosial mempengaruhi Nilai Tambah Produk UMKM serta mempengaruhi
Kesejahteraan Masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung di
Kabupaten Langkat. Hasil Penelitian menunjukan bahwa modal sosial
berpengaruh terhadap nilai tambah produk UMKM dengan nilai loading factor
adalah 61% (0.615 ) α 0.05 Nilai Tambah berpengaruh positif signifikan terhadap
kesejahteraan masyarakat dengan nilai 1.129 modal sosial berpengaruh terhadap
kesejahteraan masyarakat dengan nilai loading factor adalah 45 % (0.452) dan
Modal Sosial berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat melalui nilai
tambah produk UMKM dengan nilai (0.158) Pengaruh yang paling tinggi adalah
nilai tambah terhadap kesejahteraan masyarakat.
Collections
- Master Theses [527]