Kajian Experimental dan Teoritis Efek Beban Kerja Tidak di Pusat Geser, Terhadap Lateral Buckling pada Balok Kantilever Struktur Baja
View/ Open
Date
2010Author
Sitorus, Torang
Advisor(s)
Panggabean, Hotma
Teruna, Daniel Rumbi
Metadata
Show full item recordAbstract
Steel construction is a building constructed from still bars with slim profile and
thin wall. Because of its remarkable strength and ductility, steel is an expensive material.
In a block structure with strip beam, a thin wall beam with open profile, the load action
up to the critical load condition which becomes the durability of the structure toward the
lateral buckling is only supported by web, and compared to its strong axis direction (sb –
x), the amount of the load is very low. The making of flens will result in an increase of
constant warping (Iω) that the load can be supported by the beam toward the lateral
buckling increases and the durability of the beam toward the load is increasing. Here we
can see that the initial condition of profile without flens, and the bigger the number of
flens, the bigger the lateral strength of the buckling block. The same thing occurred with
the load positioned either on the beam, in the center of shift, or under the beam will show
a significant difference compatible to the parameter. The increasing inertia warping will
maximize the difference of amount of load that can be supported by the beam at the above
or below position. If the load is on the beam there will be an additional moment for
Pcr.½ β.h which weakens the beam and on the contrary, if the position of load is under
the beam, the beam will be strengthened for the amount mentioned above and this
subtraction/addition will depend on the factor of Iω (constant warping). This study will
prove the stability phenomenon mentioned above. By choosing the case of steel cantilever
beam with slim double symmetrical profile, where (ly << Ix) with a certain vertical load,
the behavior of loaded structure will experience a deformation; vertical and lateral
deformations and further lateral buckling occurs. To know the behavior and capability of
the beam in supporting the load, theoretically and practically, a calculation and
experimental study to design a loading equipment and a test material have been done
manually through a process of welding the test material; strip beam 150 x 4 – 1600 mm;
I beam 150 x 40 x 4 – 1600 mm. Each of the test materials mention above will be tested
with load touch on the flens, in the center of shift, or under the flens. This variation was
done to see whether the durability of lateral buckling occurred on the different amount of
load first or after the test material was loaded based on the elastic occurrence. The
result of the test showed that strip beam, the test material, had reached the critical load
at the elastic tension condition, while I Beam, another test material, reached the critical
load after passing the elastic tension condition, but it was still under steel melting
tension. Konstruksi baja adalah bangunan yang dirangkai dari batang batang bahan baja
dan umumnya berpenampang langsing dan berdinding tipis, disebabkan sifat-sifat
kekuatan yang tinggi dan keliatannya (ductility) bahan baja adalah bahan yang mahal.
Pada struktur balok dengan menggunakan strip beam, yang merupakan balok dinding
tipis tampang terbuka, ketika terjadi aksi beban sampai kondisi beban kritis yang menjadi
daya tahan struktur tersebut terhadap lateral buckling hanya dipikul oleh web (badan),
dan besarnya sangat rendah dibanding arah sumbu kuatnya ( sb- x ). Pembuatan sayap
(flens), akan menyebabkan peningkatan konstanta warping (Iw), sehingga beban yang
dapat dipikul oleh balok terhadap lateral buckling menjadi bertambah, dan daya tahan
balok terhadap pembebanan mengalami peningkatan. Disini dapat dilihat bahwa kondisi
awal tampang tanpa flens dan seterusnya penambahan flens yang semakin besar akan
semakin besar pula pertambahan kekuatan lateral buckling balok tersebut, demikian juga
sejajar dengan hal ini tentang beban yang diposisikan di atas, di pusat geser atau di bawah
balok akan mengalami perbedaan yang signifikan sebanding dengan parameter Inersia
warping yang semakin besar akan memperbesar perbedaan besar beban yang dapat
ditahan balok tersebut pada posisi di atas dan di bawah. Apabila beban di atas balok maka
akan ada pertambahan momen sebesar Pcr.½.β.h yang memperlemah balok tersebut.dan
sebaliknya apabila posisi beban ada di bawah balok akan diperkuat sebesar di atas tadi
dan pengurangan/pertambahan ini akan tergantung pada faktor Iω.(konstanta warping).
Maka penelitian ini akan membuktikan fenomena stabilitas tersebut di atas. Dengan
memilih kasus balok kantilever baja tampang double simetris yang langsing di mana (ly
<<Ix) dengan beban vertikal tertentu, perilaku struktur yang dibebani akan mengalami
deformasi, di samping deformasi vertikal juga akan terjadi deformasi lateral dan lebih
lanjut terjadi lateral buckling. Untuk mengetahui perilaku dan kemampuan balok dalam
memikul beban, secara teoritis dan praktis telah dilakukan perhitungan dan percobaan
eksperimental dengan merancang peralatan pembebanan dan benda uji secara manual
melalui proses pengelasan terhadap benda uji, strip beam 150 x 4-1600mm; I Beam 150 x
40 x 4 - 1600mm dan I Beam 150 x50x 4-1600mm. Masing masing benda uji di atas akan
diuji dengan sentuhan beban di atas flens, di pusat geser dan di bawah flens. Variasi ini
dilakukan agar terlihat apakah ketahanan lateral buckling terjadi pada besar beban yang
berbeda lebih dahulu atau setelah beban berdasarkan kejadian elastis. Dan hasil pengujian
ternyata benda uji strip beam telah mencapai beban kritis pada kondisi tegangan elastis,
sedangkan benda uji I Beam perolehan beban kritis telah melampaui kondisi tegangan
elastis, namun masih berada di bawah tegangan leleh baja.
Collections
- Master Theses [237]