Show simple item record

dc.contributor.advisorKurniawati, Dewi
dc.contributor.advisorSafrin
dc.contributor.authorSimamora, Indah Cindy
dc.date.accessioned2021-08-30T07:24:48Z
dc.date.available2021-08-30T07:24:48Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/41673
dc.description.abstractThe title of this research is The Strategy Marketing Communication of Department of Culture and Tourism Medan City In Market Medan City As a Tourism City. The purpose of this study is to see the strategy marketing communication and the obstacles that is faced by the Department of Culture and Tourism Medan City in market Medan city as a tourism city. This research is a qualitative research with a constructivism approach. The research subject is determined through the purposive method and obtain ten (10) informants that is consist of Head Marketing of Department of Culture and Tourism Medan City, the secretary of PHRI North Sumatera, The Head of ASITA North Sumatera,the member of Medan city parlement, the representation from the Highways Department,the representation from travel agency, two public figures and two tourists who came visiting Medan city. Data collection methods were done by observation, depth interview, and documentation study. Data analysis was done through data reduction, display data, and taking conclusion. The results showed that the strategy marketing communication that is done by the Department of Culture and Tourism Medan City in market Medan city as a tourism city was done by segmentation, targeting, and positioning. These three strategies was supported with various forms of promotion mix, such as advertising, personal selling, direct marketing, word of mouth marketing, and marketing via social media. The obstacles that is faced are inadequate infrastucture, unproffesional of tourism human resources, attraction tourism management which is not maximized, the people who are not travel aware, the communication and coordination which is not maximized done among the Department of Culture and Tourism Medan City and some of the stakeholders, limited budget, and join promotion that haven’t implemented yet by the Department of Culture and Tourism Medan City with the other region.en_US
dc.description.abstractTesis ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan Dalam Memasarkan Kota Medan Sebagai Kota Wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran serta hambatan-hambatan yang dihadapi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan dalam memasarkan kota Medan sebagai kota wisata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan konstruktivis. Subyek penelitian ditentukan dengan metode purposive dan diperoleh sepuluh (10) informan yang terdiri dari Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Sekretaris PHRI Sumatera Utara, Ketua ASITA Sumatera Utara, anggota DPRD Kota Medan, perwakilan Dinas Bina Marga Kota Medan, perwakilan dari biro perjalanan wisata, dua orang tokoh masyarakat, serta dua orang wisatawan yang berkunjung ke kota Medan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan dalam memasarkan Kota Medan sebagai kota wisata dilakukan dengan menentukan segmentasi, penentuan target sasaran, dan penentuan citra. Ketiga strategi tersebut didukung dengan berbagai bentuk bauran promosi seperti periklanan, penjualan personal, pemasaran langsung, pemasaran dari mulut ke mulut, dan pemasaran melalui media sosial. Hambatan yang dihadapi dalam memasarkan Kota Medan sebagai kota wisata adalah infrastruktur yang belum memadai, SDM kepariwisataan yang belum profesional, pengelolaan objek wisata yang belum maksimal, masyarakat yang masih belum sadar wisata, kurang maksimalnya komunikasi dan koordinasi yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan dengan beberapa pemangku kepentingan, keterbatasan anggaran serta belum terlaksananya promosi bersama yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan dengan daerah-daerah lain.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectStrategi Komunikasi Pemasaranen_US
dc.subjectBauran Promosien_US
dc.subjectPariwisataen_US
dc.subjectKota Medanen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan dalam Memasarkan Kota Medan Sebagai Kota Wisataen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM147045024
dc.description.pages192 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record