Analisis Kinerja dan Pelayanan Pegawai terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pdam Tirtanadi Cabang Sei Agul Medan
View/ Open
Date
2012Author
Mulya, Gunawan Hary
Advisor(s)
Sinulingga, Sukaria
Rismayani
Metadata
Show full item recordAbstract
PDAM Tirtanadi Cabang Sei Agul adalah salah satu Kantor Cabang yang
berada di kota Medan yang dimiliki Tirtanadi untuk melayani pelanggan dalam hal
kebutuhan air. Cabang Sei Agul ini merupakan cabang yang tergolong dalam kelas
‘A’, yang artinya jumlah pelanggan yang dilayani oleh cabang ini di atas 30.000 (tiga
puluh ribu) pelanggan. Sedangkan untuk jumlah pelanggan dibawah 30.000 (tiga
puluh ribu) tergolong dalam cabang kelas ‘B’.
Rumusan masalah pada penelitin ini ada 2 (dua) hal, yaitu apa yang menjadi
penyebab kinerja dan pelayanan pegawai belum sepenuhnya memuaskan pelanggan ?
dan apa yang menyebabkan timbulnya keluhan pelanggan tersebut ?
Penelitian ini dilaksanakan di PDAM Tirtanadi Cabang Sei Agul yang terletak
di Jalan Gereja No.32 Medan selama kurang lebih 8 (delapan) bulan. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang didukung dengan survei.
Pada penelitian ini data yang didapat merupakan data-data yang dikumpulkan dari
sampel yang mewakili seluruh populasi pelanggan Cabang Sei Agul. Sedangkan jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu suatu penelitian yang
bertujuan untuk menguraikan sifat atau karakteristik dari suatu fenomena tertentu
dengan mengumpulkan data untuk menguji pertanyaan penelitian atau hipotesis yang
berkaitan dengan keadaan dan kejadian sekarang. Dengan penelitian metode
deskriptif akan memungkinkan untuk melakukan hubungan antar variabel, menguji
hipotesis, mengembangkan generalisasi, dan mengembangkan teori yang memiliki
validitas universal.
Untuk penentuan sampelnya menggunakan nonprobability sampling, yaitu
dengan cara aksidental sampling, artinya penentuan sampel berdasarkan kebetulan
yaitu siapa saja yang secara kebetulan ditemui dengan catatan mereka tergolong
pelanggan PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara Cabang Sei Agul, maka mereka
yang terpilih tersebut akan dijadikan responden dalam penelitian ini. Jumlah
keseluruhan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden sesuai dengan rumus Tamaro Yamane (1967) yang disadur oleh Sukandarrumidi (2004 :
56).
Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang
berhubungan dengan kinerja, pelayanan dan kepuasan pelanggan PDAM Tirtanadi
Cabang Sei Agul, dan dengan cara melakukan studi kepustakaan dan studi dokumen,
yaitu pengumpulan data yang berdasarkan pada buku-buku literatur serta data yang
diperoleh mengenai jumlah dan karakteristik pelanggan PDAM Tirtanadi Cabang Sei
Agul dan lain-lain yang dirasa berkaitan serta relevan dengan penelitian ini.
Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa faktor kinerja
dan pelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan
PDAM Tirtanadi Cabang Sei Agul Medan. Dengan tingkat kepuasan pelanggan
sebesar 89,6% variabel dependent kepuasan pelanggan PDAM Tirtanadi Cabang Sei
Agul dipengaruhi oleh variabel independent Kinerja dan Pelayanan, sedangkan
sisanya hanya 10,4% saja yang dipengaruhi oleh variabel lain. Variabel yang
memberikan pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel
pelayanan (X2) karena memiliki nilai koefisien terbesar yaitu sebesar 1,049
dibanding variabel lainnya. Faktor pelayanan merupakan faktor yang dirasa kurang
memuaskan sehingga timbulnya keluhan pelanggan. Adapun faktor tersebut terdiri
dari Dimensi Fasilitas Pelayanan sebanyak 1 (satu) indikator yaitu prosedur
pelayanan yang diterapkan kurang sesuai dengan harapan pelanggan, dan Dimensi
Teknologi sebanyak 2 (dua) indikator yaitu Infrastruktur dan Teknologi yang dimiliki
Tirtanadi dirasa belum sesuai dengan harapan pelanggan, karena faktor ini benarbenar
sangat berpengaruh dalam hal memproduksi ataupun mengolah air bersih yang
terkait dalam hal 3 Tas (Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas air), begitu juga dengan
Ketersediaan Barang-barang yang dirasa pelanggan jarang terpenuhi di saat
dibutuhkan pada umumnya, yaitu seperti pemasangan pipa atau meter air.