dc.description.abstract | Promosi menjadi salah satu unsur penting dalam bauran pemasaran yang
bertujuan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Keputusan
pembelian adalah proses merumuskan berbagai alternatif tindakan guna
menjatuhkan pilihan pada salah satu alternatif tertentu untuk melakukan
pembelian. Pemasar perlu mengetahui siapa yang terlibat dalam keputusan
membeli dan peran apa yang dimainkan oleh setiap orang untuk banyak produk,
cukup mudah untuk mengenali siapa yang mengambil keputusan.
Penurunan penjualan modem Huawei di Kota Medan menunjukkan daya
tarik produk yang rendah, sehingga menyebabkan keputusan pembelian menurun.
Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan seorang konsumen membeli
adalah promosi. Dalam mempromosikan suatu produk, perusahaan menggunakan
berbagai kombinasi alat yang disebut bauran promosi yang terdiri dari periklanan,
penjualan perorangan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran
langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor bauran promosi apa
yang paling mempengaruhi keputusan pembelian modem Huawei di Kota Medan
serta menyusun rekomendasi dan langkah-langkah dalam bentuk kebijakan
promosi agar terjadi peningkatkan penjualan.
Populasi yang dijadikan sampel adalah konsumen yang melakukan
pembelian modem merek Huawei di 6 (enam) toko atau gerai di Plaza Millenium
dan Plaza Medan Fair. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling.
Dengan menggunakan analisis regresi berganda diperoleh kesimpulan
bahwa keputusan pembelian modem Huawei sebesar 70,2% dipengaruhi oleh
bauran promosi, sisanya sebesar 29,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti
pada penelitian ini. Periklanan merupakan faktor yang paling dominan
mempengaruhi keputusan konsumen dalam memutuskan membeli modem
Huawei. | en_US |