Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Real Estate Puri Zahara 2 di Kota Medan
View/ Open
Date
2014Author
Sagala, Peranita
Advisor(s)
Rini, Endang Sulistya
Aulia, Dwira Nirfalini
Metadata
Show full item recordAbstract
Marketing mix and service quality are important in providing satisfaction
for consumers at Puri Zahara 2 Real Estate, Medan. The company’s success in
providing qualified service and product for consumers can yield the achievement
of high market segment and increasing profit for the company itself. The
phenomenon found in the research was the serious complaint about consumers’
dissatisfaction with the product and the service quality. The objective of the
research was to find out and to analyze the influence of marketing mix which
consisted of product, price, and location and service quality which consisted of
reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibles on the satisfaction
of the consumers of Puri Zahara 2 Real Estate, Medan.. The type of the research
was descriptive quantitative; its nature was explanatory. The samples consisted
of 93 respondents who were the consumers of Puri Zahara 2 Real Estate, Medan,
taken by using proportionate random sampling technique. The data were
analyzed by using multiple linear regression analysis in order to find out the
influence of product and service quality on the satisfaction of the consumers of
Puri Zahara 2 Real Estate, Medan. The result of the research showed that the
coefficient determination value of marketing mix and service quality on
consumers’ satisfaction was 0.567 which indicated that the capacity of
independent variables (marketing mix and service quality) on dependent variable
(consumers’ satisfaction was 56.7%, while the rest (43.3%) was explained by
other variables which were excluded in the study. The result of the research
showed that, simultaneously and partially, marketing mix which consisted of
product, location of residence, and price had influence on consumers’
satisfaction. Simultaneously and partially, it was found that service quality which
consisted of responsiveness and empathy had influence on the satisfaction of the
consumers of Puri Zahara 2 Real Estate. It was also found that, partially, the
variable of service quality (empathy) was the most dominant factor which
influenced consumers’ satisfaction. Bauran pemasaran dan kualitas pelayanan merupakan hal yang penting untuk
memberikan kepuasan kepada konsumen pada Real Estate Puri Zahara 2 Medan.
Keberhasilan perusahaan dalam memberikan pelayanan dan produk yang
berkualitas kepada konsumen dapat menghasilkan pencapaian pangsa pasar yang
tinggi dan peningkatan laba perusahaan. Fenomena pada penelitian ini adalah
tingginya keluhan konsumen yang tidak puas terhadap produk dan kualitas
pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis pengaruh
bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi dan kualitas pelayanan
yang terdiri dari Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangibel
terhadap kepuasan Konsumen pada Real Estate Puri Zahara 2 Medan. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sifat penelitian ini adalah penelitian
menjelaskan (explanatory). Penelitian ini menggunakan proportionate random
sampling untuk mengambil data 93 responden yang merupakan konsumen yang
tinggal di Real Estate Puri Zahara 2 Medan. Metode analisis data
mempergunakan Regresi Linier Berganda untuk melihat pengaruh produk dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada perumahan Puri Zahara 2
Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai koefisien determinasi bauran
pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0.567.
Hal ini menjelaskan kemampuan variabel bebas (Bauran Pemasaran dan Kualitas
Pelayanan) terhadap variabel terikat (Kepuasan Konsumen) adalah sebesar
56.7%. sedangkan sisanya 43.3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Hasil uji secara simultan dan parsial menunjukkan Bauran Pemasaran yang terdiri
dari Produk, Lokasi Rumah, dan Harga berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen. Hasil uji secara simultan dan parsial menunjukkan Kualitas pelayanan
yang terdiri dari Responsiveness dan Emphaty berpengaruh terhaap kepuasan
konsumen pada Real Estate Puri Zahara 2. Berdasarkan hasil uji secara parsial
variabel kualitas pelayanan Emphaty merupakan faktor yang dominan dalam
mempengaruhi kepuasan konsumen.