Show simple item record

dc.contributor.advisorSitompul, Opim Salim
dc.contributor.advisorPujangkoro, Sugih Arto
dc.contributor.authorPramudianto, Handy
dc.date.accessioned2021-09-07T06:27:44Z
dc.date.available2021-09-07T06:27:44Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/42467
dc.description.abstractPenyesuaian dalam penyelenggaraan telekomunikasi di tingkat nasional sudah merupakan kebutuhan nyata, mengingat meningkatnya kemampuan sektor swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi, penguasaan teknologi telekomunikasi, dan keunggulan kompetitif perusahaan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga melatarbelakangi dikeluarkannya kebijakan pemerintah dalam sektor telekomunikasi yakni dengan diberlakukannya UU No.36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi yang semakin memudahkan pesaing memasuki pasar dalam industri telekomunikasi yang mengarah kepada konvergensi layanan. TELKOM sebagai perusahaan yang bergerak dalam bisnis informasi dan telekomunikasi, sesuai dengan visi ” To become a leading InfoCom Player in the region”, bahwa TELKOM bergerak dalam bisnis informasi dan komunikasi yang secara nyata diwujudkan dalam bentuk keragaman produk jasa yang dituangkan dalam kebijakan diversifikasi bisnis. Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang mengarah kepada konvergensi layanan, mendorong TELKOM merubah kebijakan bisnisnya dari layanan POTS (Plain Ordinary Telephone Services) menjadi PMVIS (Phone, Mobile, View, Internet, Services) lalu kembali bertransformasi menjadi bisnis dengan portofolio TIME (Telecommunication, Information, Media dan Edutainment) sebagai langkah untuk menjaga kesinambungan daya saing bisnis. TELKOMFlexi merupakan salah satu realisasi produk unggulan Telkom dari portofolio bisnis TIME yang diharapkan menjadi sumber pendapatan baru untuk dapat menjadi produk tandingan terhadap kompetitor yang bersifat mobile dan mampu mengikuti perkembangan kebutuhan pelanggan saat ini. TELKOMFlexi hadir dengan teknologi CDMA yang memiliki keunggulan dibanding teknologi sebelumnya yang tersedia. Produk ini memiliki dua pilihan layanan yaitu Pra Bayar yang disebut FLEXITrendy dan Pasca Bayar yang disebut juga dengan FLEXIClassy. Selain dari sisi teknis dan teknologi yang digunakan, loyalitas pelanggan juga merupakan salah satu kunci perusahaan dapat bertahan diera kompetisi yang ketat. Pelanggan FLEXIClassy (pasca bayar) merupakan pelanggan yang dapat dikategorikan loyal, tetapi perjalanan TELKOMFlexi hingga tahun 2008 di Telkom Divre I Sumatra, hanya pelanggan Prabayar FLEXITrendy yang mampu berkembang secara pesat, sementara total pelanggan FLEXIClassy yang relatif lebih loyal justru memiliki tingkat Line in Service (LIS) / pelanggan yang relaltif berjumlah tetap dan bahkan cenderung turun, tingkat cabutan (churn) yang semakin meningkat dan rata-rata pemakaian per bulan per pelanggan dalam rupiah (ARPU) yang terus menurun. Dengan jumlah pelanggan FLEXIClassy yang terus menurun dan dilakukan perbaikan, diharapkan ke depannya FLEXIClassy dapat tumbuh, baik dari sisi pelanggan maupun revenue dengan tingkat ARPU yang dapat dipertahankan atau ditingkatkan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectJumlah Pelanggan Flexi Trendy (Prabayar)en_US
dc.subjectPeningkatan Performansi Flexi Classyen_US
dc.subjectPT TELKOM Sumateraen_US
dc.subjectPeningkatan Gap Jumlah Pelanggan Flexi Classyen_US
dc.titleAnalisis Penyebab Peningkatan GAP Jumlah Pelanggan Flexi Classy (Pascabayar) dengan Jumlah Pelanggan Flexi Trendy (Prabayar) dalam Peningkatan Performansi Flexi Classy pada PT Telkom Sumateraen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM067007046
dc.description.pages114 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record