• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Cultural Sciences
    • Department of Library and Information Science
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Cultural Sciences
    • Department of Library and Information Science
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Bauran Pemasaran pada Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala Langsa

    View/Open
    Full text (903.9Kb)
    Date
    2017
    Author
    Ayu, Syawal Zani Fitri
    Advisor(s)
    Siahaan, Hotlan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala Langsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran pada perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala Langsa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui: (1) wawancara mendalam (depth interview) ; (2) observasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Prosedur penentuan produk yang dilakukan perpustakaan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa didasari oleh kebutuhan dan keinginan pemustaka, dengan mengumpulkan berbagai masukan dan ide-ide dari pemustaka maupun pihak terkait, melalui wawancara maupun melalui pengisian form yang diberikan kepada fakultas-fakultas yang ada di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Kemudian produk dan jasa yang ditawarkan di perpustakaan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa adalah sebagai berikut: (1) Layanan referensi, (2) Peminjaman, (3) Website, (4) Buku, (5) Koleksi jurnal, (6) Databases, (7) User education. b) Penentuan harga pada perpustakaan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa adalah dengan memperhitungkan dampak moral yang diterima oleh pemustaka dengan tidak memberlakukan denda dan iuran dengan uang, tetapi memperbaiki kebijakan lebih kepada pendekatan personal yaitu memberlakukan sistem seberapa lama keterlambatan pengembalian buku, selama keterlambatan tersebut pula pemustaka tidak dibenarkan meminjam bahan pustaka kembali. c) Kebijakan promosi pada perpustakaan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa memuat unsur: sasaran dan strategi, rencana tindakan untuk mencapai tujuan, dan metode evaluasi Kegiatan promosi yang dilakukan perpustakaan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa adalah: (1) User education, (2) Brosur, (3) Website, (4) Sosial media. d) Penentuan distribusi meliputi: (1) Akses, lokasi yang mudah dijangkau, (2) Visibilitas, lokasi yang dapat dilihat dengan jelas, (3) Lingkungan, daerah sekitar yang mendukung produk/jasa yang ditawarkan, dan (4) Ekspansi, tersedia tempat yang cukup untuk perluasan dikemudian hari.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/4254
    Collections
    • Undergraduate Theses [739]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV